Guru Berperan Penting Tingkatkan Kualitas Pendidikan

GTK – Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Supriano mengatakan bahwa kunci proses pembelajaran yang baik dan benar di sektor pendidikan ada di tangan guru.  Maka itu, saat ini pemerintah melalui Kemendikbud akan melakukan peningkatan kompetensi pada proses pembelajaran guru. 

“Mulai tahun ini proses pembelajaran akan kami balik menjadi 70 persen dan 30 persen pada konten. Jadi pada proses pembelajarannya bukan pada konten atau materi pembelajarannya,” ujarnya dalam acara Pertemuan Ilmiah Matematika di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika, Rabu (20/2/2019).

Supriano mengatakan  guru memiliki peran penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Lebih lanjut dia mengatakan sistem zonasi juga akan diberlakukan ke depan untuk memperbaiki model pelatihan dan pembelajaran bagi guru.  Sistem zonasi ini dilakukan untuk pendistribusian dan peningkatan proses belajar melalui Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). 

Dia menuturkan melalui upaya inilah diharapkan tidak ada lagi penumpukan guru di beberapa sekolah tertentu. Sehingga ke depannya tidak ada lagi masalah sekolah yang mengalami kekurangan guru. 
(Sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *