Dalam rangka memperingati Hari Kearsipan ke-47 sekaligus mengayubagya Hari Jadi Kabupaten Sleman ke-102, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melaksanakan lomba deskripsi arsip foto bagi pelajar SMP/MTs yang diikuti oleh 200 orang peserta bertempat di Halaman Depan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman (11/5/18).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud pemerintah dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap arsip, hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi.

Ayu Laksmidewi menyampaikan bahwa kegiatan yang bertemakan “Arsip Sumber Informasi Autentik dan Terpercaya” tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran pengelolaan arsip di masyarakat. Ia menghimbau dengan tercapainya pengelolaan arsip yang baik maka masyarakat telah berupaya menghimpun pengetahuan dan pengetahuan tersebut dapat dimanfaatkan untuk kemajuan bangsa.

Sementara itu Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan dalam kegiatan tersebut bahwa arsip merupakan hal yang sangat penting bagi siapapun. Oleh karena itu, ia menghimbau demi tercapainya  pengelolaan arsip yang baik, perlu adanya edukasi  arti pentingnya arsip kepada anak didik sejak dini sehingga untuk menjaga sejarah.

“Arsip yang terkelola dengan baik tentu akan bermanfaat sebagai sumber ilmu pengetahuan untuk dipelajari oleh masyarakat yang akan datang,” kata Sri Purnomo.

Kemudian diakhir acara dilanjutkan dengan pengumuman hasil lomba dan penyerahan hadiah Lomba Deskripsi Arsip Foto. Juara Pertama diraih oleh Nur Lala Septiana dari SMP 3 Berbah dengan hadiah tropi dan uang pembinaan sebesar Rp2.000.000,-, dilanjutkan juara kedua oleh Lulu Nurcholidah dari SMP 2 Ngaglik dengan penyerahan tropi dan uang pembinaan sebesar Rp1.500.000, dan Juara Ketiga oleh Aisyah Khoirunisa dari SMP 3 Berbah dengan penyerahan tropi dan uang pembinaan sebesar Rp1.250.000.

Selain itu pada kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan hadiah Lomba Tertib Arsip Antar Perangkat Daerah se-Kabupaten Sleman yang diraih oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada juara pertama, Lomba Tertib Arsip Tingkat Pemerintah Desa yang diraih oleh Desa Gayamharjo, dan dilanjutkan dengan Lomba SDM Kearsipan Perangkat Daerah se-Kabupaten Sleman yang diraih oleh Budi Wahyono dari Staf Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman. (mediacenter)