Ngaglik – Kecamatan Ngaglik dalam melaksanakan pembangunan tidak hanya bidang fisik tetapi juga non fisik yaitu melalui pendidikan, utamanya pedidikan anak usia dini melalui Kelompok Bermain dan juga PAUD. Agar kegiatan terus terpantau perkembangannya maka setiap bulan diadakan pertemuan rutin Forum PAUD Ngaglik yang tujuannya mengevaluasi kegiatan lembaga PAUD masing masing.

Untuk itu, Forum PAUD mengundang semua pengelola, pimpinan, dan ketua lembaga sebanyak 42 peserta untuk mengadakan pertemuan Forum PAUD yang dilaksanakan Kamis (26/10) di Aula Kantor Kecamatan Ngaglik.

Dalam kesempatan ini, Camat Ngaglik yang diwakili Kasie (Kepala Seksi) Pelayanan Masyarakat, Muryanto memberikan arahan bahwasanya kegiatan pembelajaran PAUD mengarahkan pada sikap, pengetahuan, keterampilan, dan karakter atau perilaku. Oleh karena itu, pendidikan usia dini harus berfokus pada perubahan sikap karakter putra putri kita dan semuanya itu mengarah pada proses.

Lebih jauh Ketua Forum PAUD Kecamatan Ngaglik, Nanik Suparmo, mengharapkan lembaga PAUD di Kecamatan Ngaglik harus lebih maju dan terus berkembang serta diharapkan selalu aktif dalam mengikuti pertemuan Forum PAUD seperti sekarang ini.

Nanik mengharapkan agar para pengelola, pimpinan dan ketua lembaga selalu aktif mengikuti perkembangan program PAUD sesuai kurikulum 2013, yang intinya “MENUJU LEMBAGA PAUD YANG BERKUALITAS”. Judul bahasan yang disampaikan Nanik ini sangat penting karena prospek masa depan anak-anak yang akan datang, dan sekarang ini kita semua menuju kesana dengan caranya yang berbeda-beda walaupun tujuannya sama

Selanjutnya, ke depan PAUD harus punya program yang disebut Skala Perkembangan Tiap Minggu. Hal ini harus dibuat para guru PAUD untuk dan dimulai dari tingkat PAUD, SD, SMP, SMA bahkan sampai Perguruan Tinggi.

Untuk itu, ketua forum mengajak anggota untuk menjadi anggota yang aktif selalu mengikuti pertemuan. Hal ini sangat diharapkan agar kita semua mengetahui kekurangan dan kelemahannya.

Di dalam pedoman bahwa tingkat pendidikan Indonesia masa depan adalah berpikir analisis, evaluasi kinerja, inovatif, dan kreatif itu peran dari seluruh pengelola PAUD. Di samping itu juga ada tantangan pendidikan masa depan yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) untuk abad 21 bahwa SDM yang memiliki keterampilan dalam hidup berkarier, keterampilan dalam belajar, mengarah pada kemampuan dan kreatif, berpikir kritis, dan berkarakter.

Dalam melaksanakan ketugasan ketua lembaga harus menyiapkan sistem, SDM, serta sarana dan prasarana pun keberlangsungan dalam belajar-mengajar. Setelah paparan selesai dilanjutkan diskusi dan ditutup dengan penjelasan tentang website, iuran, SK Pendidik PAUD, serta sarana dan prasarana yang harus dilengkapi lembaga PAUD secara bertahap.

Acara pertemuan Forum PAUD ditutup oleh Ketua Forum Paud. (Suripto/Mediacenter)