Sesuai dengan program Kerja Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Tahun 2017 dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, pada Hari Selasa (28/11) di Gedung Serbaguna Kabupaten Sleman telah terselenggara dengan lancar kegiatan Lomba Paduan Suara bagi siswa SD dan SMP dengan mengambil tema “Melalui Peringatan Hari Pahlawan Kita Wujudkan Generasi Muda yang Menghargai Jasa-Jasa Pahlawan Kusuma Bangsa

Kegiatan ini dibuka oleh Kasi Kelembagaan dan Kesiswaan SMP, Eko Suharyono, SH, M.Si selaku Koordinator kegiatan. Disampaikan dalam sambutannya, bahwa dengan pelaksanaan lomba paduan suara ini diharapkan siswa dapat:

  1. mengembangkan potensi di bidang olah vokal
  2. berkompetisi secara obyektif dan sehat
  3. bersosialisasi dan berkomunikasi  dengan siswa sekolah lain
  4. meningkatkan nilai-nilai kebangsaan, persatuan dan cinta tanah air
  5. Sebagai wisata hati, dengan bernyanyi anak-anak menjadi gembira dan bahagia

Lomba hanya dilaksanakan 1 hari, diharapkan siswa dapat mengikuti kegiatan ini sampai selesai dan kepada Yuri diharapkan melaksanakan tugas memberikan penilaian secara obyektif, sesuai dengan kriteria, yaitu: materi suara, teknik, kepribadian (attitude), penampilan (performance) dan harmonisasi suara, demikian disampaikan oleh Pak Eko.

Selamat berlomba – Sleman Sembada – Aku Cinta Indonesia – Aku Anak Indonesia – Mana Semangatmu? Ini Semangatku“‘, gegap gempita yel-yel yang dipimpin Pak Eko sebelum mengakhiri sambutannya, untuk menyemangati para siswa dalam berlomba yang mewarnai derasnya hujan saat itu.

Adapun hasil dari kegiatan ini secara keseluruhan adalah:

  1. tercapainya target peserta sebanyak 39 kelompok (SD 17 kelompok dan SMP 22 Kelompok), masing-masing kelompok ada 20 siswa.
  2. Kemampuan olah vokal dari masing-masing kelompok cukup baik dan merata, persaingan ketat sehingga dewan yuri yang berasal dari LKP Purwacaraka (2 orang) dan Fakultas Bahasa dan Seni UNY (1 orang) merasa cukup kesulitan dalam menilai.
  3. Situasi dan kondisi lomba cukup tenang, animo peserta sangat luar biasa
  4. Saat sidang dewan yuri, anak-anak dengan antusias dan senang mengisi panggung dengan bernyanyi dan menurut anak-anak hasilnya menang maupun kalah bukan masalah, yang penting senang, gembira dan bahagia.

Hasil kejuaraan:

  1. Jenjang SD:
  • Juara I : SD Kanisius Totogan Prambanan
  • Juara II : SD Kanisius Kalasan
  • Juara III : SD Budi Mulia Ngemplak
  1. Jenjang SMP:
  • Juara I      : SMP N 1 Depok
  • Juara II     : SMP Pangudi Luhur Moyudan
  • Juara III : SMP Aloysius Turi