Sesuai dengan program Kerja Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Tahun 2017 dalam rangka Peningkatan Keimanan dan Ketaqwaan Kepemudaan dan Siswa di Sekolah, pada Hari Selasa (26/09) di SMP N 2 Kalasan telah terselenggara dengan lancar kegiatan MTQ (Musabaqoh Tilawatil Qur’an)  Pelajar Sekolah Umum SD, SMP, SMA dan SMK tingkat Kabupaten Sleman di SMP N 2 Kalasan.

Hadir dalam pembukaan MTQ ini Wakil Bupati Sleman, Kepala Kemenag Kab. Sleman, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Sleman, Kepala Balai Dikmen, Camat Kalasan, Kepala KUA Kalasan, Danramil Kalasan, Kapolsek Kalasan dan Babinkamtibmas Wedomartani, Kepala UPT Yandik se-Kabupaten Sleman, Ketua MKKS SMP, Ketua Pokja SMP Kecamatan Kalasan, Lurah Wedomartani Kalasan, Kepala SMP Negeri 1, 3, dan 4 Kalasan dan pejabat baik dari Kabupaten maupun di tingkat Kecamatan serta tamu undangan yang lain.

Dilaporkan oleh Plt. Kepala Dinas, Halim Sutono, S.H. jenis dan macam lomba yang dikompetisikan seluruhnya berjumlah 23 kategori. Terdiri dari jenjang SD, SMP dan jenjang SMA/SMK se-Kabupaten Sleman. Dewan Hakim yang bertugas adalah berasal dari Pengawas PAI se-Kabupaten Sleman, unsur pejabat yang memenuhi kualifikasi dan kompetensi dari Kementerian Agama Kabupaten Sleman, serta dari unsur Pondok Pesantren.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk peningkatan kualitas keimanan dan ketaqwaan siswa SD, SMP, SMA dan SMK Kabupaten Sleman agar menjadi  Generasi muda sebagai penerus bangsa yang berahlak mulia, Cerdas, cakap, kreatif dan bertanggungjawab; Untuk memberikan wadah kompetisi siswa dibidang agama Islam dengan berbagai macam bidang mata lomba dalam rangka mewujudkan siswa yang kompetitif dan bertanggung jawab yang selalu mengutakan kejujuran dan jiwa sportifitas sebagai pelajar Kabupaten Sleman; Sebagai wahana siar Agama Islam yang memberikan kesempatan dan peranan aktif kepada Siswa SD, SMP, SMA dan SMK kabupaten Sleman untuk mewujudkan pelajar kabupaten Sleman yang berkarakter.

Wakil Bupati Sleman dalam sambutannya berharap dengan kegiatan ini siswa sekolah dapat termotivasi untuk membaca, mempelajari, melaksanakan dan mengamalkan ajaran-ajaran dalam Al Qur’an dengan baik sehingga terwujud generasi muda yang berakhlak mulia, cerdas, kompetitif, cakap, kreatif dan bertanggungjawab karena Al Qur’an merupakan sumber utama syariat Islam dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari.

Wakil Bupati Sleman dalam sambutannya juga mengucapkan selamat berkompetisi, berprestasi, Allah akan membimbing kita dalam  berupaya meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan.

MTQ Pelajar ini dibuka secara resmi ditandai dengan pemukulan bedug oleh Wakil Bupati Sleman, didampingi Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Kepala Kemenag Kabupaten Sleman dan Camat Kalasan.

Hasil kejuaran MTQ Pelajar Sekolah Umum dapat diunduh pada link di bawah ini.

HASIL KEJUARAAN MTQ PELAJAR