Naya dan Mutiara hadir mewakili Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam ajang Apresiasi Sastra Siswa Sekolah Dasar yang digelar Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar (PSD) Kemendikbud di Bogor Jawa Barat, tanggal 26 sampai 28 Oktober 2017.

Di ajang tersebut, Nayahani Imara Wijaya (Naya) dari SD Model Ngemplak, Sleman meraih Juara I dalam lomba mendongeng. Ia yang hadir ditemani ayahnya tampak bersemangat ketika menerima penghargaan dari Direktur PSD Wowon Widaryat. Sementara Mutiara Keyshanisti Ekapaksi dari SD Muhammadiyah Condongcatur, Sleman yang berbakat dalam menulis cerita pendek ikut mengharumkan nama Kabupaten Sleman dalam Apresiasi  Sastra Siswa Sekolah Dasar Tahun 2017 yang meraih Juara II lomba menulis cerita pendek kategori pemula.

Akan tetapi bagi Naya dan Mutiara, menjadi juara bukanlah hal terpenting, yang ingin mereka raih dalam sebuah kompetisi. “Bertemu dengan para penulis cilik, para pegiat literasi, mendapat banyak pengalaman adalah yang lebih penting dari sekadar menjadi juara,” kata Naya yang bercita-cita menjadi dokter anak tersebut.

Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman terus berusaha mendorong dan memfasilitasi berbagai kegiatan sekolah  demi perkembangan dan kemajuan peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan, yang kemudian bermuara pada kualitas pendidikan di Sleman menjadi semakin lebih baik menuju visi dan misi Kabupaten Sleman “Terwujudnya masyarakat Sleman yang lebih Sejahtera, Mandiri, Berbudaya dan Terintegrasikannya sistem e-government menuju smart regency (kabupaten cerdas) pada tahun 2021”(aef_bid.sd)