Sleman – Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman menerima kunjungan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Magelang pada Kamis (06/12) di Ruang Rapat Pangsar Sudirman Lantai 2 Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sleman. Rombongan dipimpin oleh Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Umum dan Kepegawaian Disdikbud Kabupaten Magelang. Selain Kasubbag Umum dan Kepegawaian, kunjungan juga diikuti Kasubbag Keuangan beserta 20 staf Subbagian Umum dan Kepegawaian Disdikbud Kabupaten Magelang.

Kunjungan diterima oleh Halim Sutono, SH, selaku Sekretaris Disdik Kabupaten Sleman beserta Susilowati, S.Pd, selaku Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Umum dan Kepegawaian Disdik Kabupaten Sleman. “Sudah sewajarnya jika Dinas Pendidikan merupakan dinas yang besar. Begitupula arsip-arsip yang tercipta dari kegiatan Dinas. Pengelolaan Kearsipan sudah selayaknya menjadi hal yang diperhatikan di Dinas Pendidikan”, tutur Halim. Kunjungan atau studi banding yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengelolaan kearsipan di Disdik Kabupaten Sleman. “Kami ingin menambah wawasan tentang pengeloaan kearsipan di Disdik Kabupaten Sleman karena kami mendapat informasi bahwa Disdik sudah beberapa kali mendapat kejuaraan”, tutur Teguh Priyatno, selaku Kasubbag Umum dan Kepegawaian Disdikbud Kab. Magelang.

Setelah sambutan, studi banding diisi dengan pemaparan materi tentang pengelolaan arsip di Disdik Kabupaten Sleman oleh Sri Sarwanti, S.Pd, selaku Arsiparis Disdik Kabupaten Sleman. Materi yang disampaikan terdiri dari dua sub materi yaitu pengelolaan arsip dinamis aktif mulai dari penanganan surat masuk hingga penyimpanan dan pengelolaan arsip dinamis inaktif mulai dari pemindahan arsip dari Unit Pengolah ke Unit Kearsipan (Sekretariat) hingga penyimpanan arsip dinamis inaktif. Kegiatan studi banding diakhiri dengan peninjauan langsung tentang persuratan ke Sub Bagian Umum dan Kepegawaian beserta Depo Arsip Inaktif Disdik Kabupaten Sleman.(Fitriana Huda Erfani)