Liputan Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 di Sleman

Kepala Dinas Pendidikan bersama Wakil Bupati Sleman

Sleman – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019, Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman mengadakan berbagai kegiatan mulai dengan Upacara Hari Pendidikan Nasional di Lapangan Pemda Kabupaten Sleman, pertunjukkan seni oleh pemenang FLSSN (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) Tahun 2019 dan dilanjutkan dengan Pagelaran Wayang Kulit pada Kamis (2/05) di halaman Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman.

Serangkaian acara peringatan Hardiknas diawali dengan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan dilanjutkan acara pagelaran seni dan wayang kulit di halaman Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Acara pemotongan tumpeng oleh Wakil Bupati didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Bidang Pembinaan SMP, dilanjutkan oleh Sambutan Wakil Bupati, Hj. Sri Muslimatun, M.Kes., dan Kepala Dinas Pendidikan Dra. Sri Wantini, M.Pd. Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sleman menyampaikan perlunya pengenalan wayang kulit kepada anak sejak masa sekolah untuk membentuk karakter. Ditambahkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, pagelaran wayang kulit dipilih untuk meramaikan peringatan Hardiknas tahun 2019 dalam rangka penguatan karakter siswa di Kabupaten Sleman dan menghayati nilai-nilai filosofis yang telah diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara.

Penyerahan wayang kulit secara simbolis dilakukan oleh Wakil Bupati kepada Dalang Cilik. Pagelaran wayang kulit dilakukan dua kali dengan dalang yang berbeda. Pagelaran wayang kulit yang pertama dengan Dalang Cilik Aditya Sandi Sadewa, pelajar SD Negeri Kaliduren Moyudan dengan lakon “Gatotkaca Winisudho”. Setelah Dalang Cilik Aditya selesai beraksi, pagelaran wayang dilanjutkan oleh Dalang Jasminto dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) dari Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY. Tabungan tersebut diserahkan secara simbolis oleh perwakilan OJK DIY, Nur Hafid, kepada perwakilan tiga orang siswa. Acara kemudian dilanjutkan dengan ikrar Aksi Pelajar Indonesia Menabung oleh Siswa Siswi perwakilan dari Sekolah di Kabupaten Sleman. (Fitriana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *