Seleksi Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Kabupaten Sleman Menuju Lomba Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Tingkat Nasional

Sleman – Pada hari Sabtu dan Minggu (23-24/2), Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman mengadakan seleksi apresiasi GTK PAUD dan Dikmas. Peserta apresiasi GTK PAUD dan Dikmas berjumlah 85 orang peserta terdiri dari pendidik KB/TPA/SPS, pengelola KB/TPA/SPS, instruktur LKP, pamong belajar SKB, kepala SKB, penilik, pengelola PKBM, pengelola TBM, pengelola LKP, pendidik pendidikan kesetaraan paket A, B, dan C, dan pendidik pendidikan keaksaraan ujar Eko Suharyono,S.H.,M.Si, Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Dikmas. Kemudian untuk juri berasal dari Dinas Pendidikan, HIPKI, Forum PAUD, Forum PKBM, HIMPAUDI, BP PAUD Dikmas dan HISPPI.

Sebelum dilaksanakan kegiatan seleksi apresiasi GTK PAUD dan Dikmas ini awalnya diadakan sosialisasi dilanjutkan dengan pembinaan GTK PAUD dan Dikmas selama 3 hari yaitu pada tanggal 6 – 8 Februari 2019 di Dinas Pendidikan.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan berkompetisi dalam hal keterampilan, kreativitas, inovasi dan pengetahuan para pendidik dan tenaga kependidikan dalam mengelola dan mendidik di satuan pendidikan PAUD dan Dikmas serta memberikan kesempatan menjadi prestator yang akan memperoleh penghargaan di tingkat kabupaten, tingkat propinsi, dan tingkat nasional.

Jenis apresiasi GTK PAUD dan Dikmas yang dilombakan ada 16 cabang yaitu

  1. Pendidik KB/TPA/SPS
  2. Pengelola KB/TPA/SPS
  3. Instruktur Kursus Tata Kecantikan Rambut
  4. Instruktur Kursus Tata Rias Pengantin
  5. Instruktur Kursus Tata Busana
  6. Instruktur Kursus Otomotif Teknik Sepeda Motor
  7. Instruktur Kursus Komputer
  8. Instruktur Akutansi
  9. Pamong Belajar pada SKB
  10. Kepala SKB (Sanggar Kegiatan Belajar)
  11. Penilik
  12. Pengelola PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat)
  13. Pengelola TBM (Taman Bacaan Masyarakat)
  14. Pengelola LKP (Lembaga Kursus dan Pelatihan)
  15. Pendidik/Tutor Pendidikan Kesetaraan Paket A,B,dan C
  16. Pendidik/Tutor Pendidikan Keaksaraan

Selanjutnya setelah kegiatan ini adalah pembekalan bagi prestator untuk melaksanakan kompetisi di tingkat propinsi DIY. Apabila memperoleh prestasi terbaik akan didampingi untuk melaksanakan kompetisi GTK PAUD dan Dikmas tingkat nasional. (gita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *