Zonasi SMP

Jalur Zonasi (dengan kuota 90% dari daya tampung sekolah), khusus bagi penduduk Kabupaten Sleman berdasarkan Kartu Keluarga

  1. Zonasi Umum, terdiri atas Zonasi Radius dan Zonasi Reguler

a. Zonasi Radius, calon peserta didik yang domisili dalam radius 0–200 meter dari SMP Negeri wajib diterim, berdasarkan penentuan jarak udara dari titik koordinat domisili ke titik koordinat sekolah pada sistem aplikasi PPDB (tidak mengakomodir perhitungan jarak secara manual ataupun dari penyedia Maps yang ada di Internet).

b. Zonasi 1 (satu) berdasarkan domisili calon peserta didik sesuai dengan daftar Desa yang terdekat dengan SMP sebagaimana tercantum pada Lampiran IV. Diberikan poin zonasi senilai 100 yang ditambahkan bersama nilai USBN dan/atau nilai prestasi akademik/nonakademik menjadi nilai akhir sebagai penentu peringkat seleksi.

c. Zonasi 2 (dua) berdasarkan domisili calon peserta didik di wilayah administratif Kabupaten Sleman di luar zonasi 1. Diberikan poin zonasi senilai 30.

d. Zonasi 3 (tiga) berdasarkan domisili calon peserta didik di luar wilayah administratif Kabupaten Sleman, khusus pada SMP Negeri yang daya tampungnya tidak terpenuhi. Tidak diberikan poin zonasi.

 

2. Zonasi KK Miskin

Zonasi KK Miskin dengan kuota 10% dari 90% kuota zonasi. Diperuntukan bagi  calon peserta didik dari keluarga ekonomi tidak mampu yang terdata sebagai Keluarga Miskin oleh Dinas Sosial Kabupaten Sleman, dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Keluarga Miskin. Diseleksi berdasarkan jarak terdekat diukur melalui jarak udara dari titik koordinat domisili ke titik koordinat sekolah pada sistem aplikasi PPDB (tidak mengakomodir perhitungan jarak secara manual ataupun dari penyedia Maps yang ada di Internet)

3. Zonasi ABK

Zonasi Anak Berkebutuhan Khusus dengan kuota 3% dari 90% kuota zonasi. Diperuntukan bagi ABK yang dapat mengikuti pembelajaran pada sekolah formal yang dibuktikan dengan adanya surat rekomendasi dari psikolog profesional dari lembaga pemerintah (Puskesmas/Universitas Negeri).

Lampiran IV Daya Tampung dan Daftar Zonasi 1 PPDB SMP Negeri