SD Muh Condongcatur Raih Juara I LSS Berkarakter Th 2019 dalam Kategori Best Caracter

Sleman-Pendidikan dan Kesehatan merupakan 2 sisi mata uang, keduanya tidak dapat  dipisahkan merupakan bagian dari indikator dari indeks pemabanguan sumberdaya manusia dalam rangka mendukung program pemerintah menyongsong revolusi industri. Usaha Kesehatan Sekolah yang selanjutnya disingkat UKS adalah salah satu program yang berorientasi pada peningkatan  pendidikan dan kesehatan di sekolah yang dibentuk atas dasar SKB (Surat Keputusan Bersama) dari 4 menteri  yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Mentri Dalam Negeri dan Menteri Agama  pada tahun 2014.

Dalam rangka meningkatkan pembinaan dan motivasi pelaksanaan UKS di daerah, maka Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah selaku TIM Pembina UKS Pusat memandang perlu melaksanakan suatu lomba/kegiatan yang mempunyai daya ungkit tinggi untuk mendorong pelaksanaan UKS di seluruh Indonesia yaitu Lomba Sekolah Sehat (LSS) berkarakter Tingkat Nasional. Dengan terselenggaranya Lomba Sekolah Sehat (LSS) berkarakter Tingkat Nasional ini diharapkan dapat mempercepat proses terwujudnya lingkungan sekolah sehat dan pembudayaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat kepada peserta didik.

Tujuan kegiatan Lomba Sekolah Sehat Berkarakter Tingkat Nasional adalah untuk meningkatkan mutu Pendidikan dan Prestasi Belajar Peserta Didik, memberikan motivasi kepada sekolah dalam melaksanakan program UKS/M dan mewujudkan lingkungan sekolah sehat, pembudayaan Perilaku Hidup Besih dan sehat (PHBS) dan juga derajad kesehatan pada peserta didik, menciptakan  lingkungan yang sehat sehingga memungkinkan pertumbuhan  dan perkembangan yang harmonis dan optimal dalam rangka untuk membentuk manusia Indonesia yang cerdas, berkompetitif dan berkarakter.

Dengan merujuk pada pusat perhatian dari keempat kementerian tersebut maka penilaian menekankan pada 3 aspek yaitu lingkungan fisik bersih dan sehat sekolah, karakter bersih dan sehat siswa, tata kelola pencapaian sekolah sehat secara profesional. Ada 3 kategori dalam penilaian Lomba Sekolah Sehat Berkarter Nasional yaitu kategori kinerja terbaik ( best performance ), pencapaian terbaik (best achievement), dan pembinaan karakter siswa terbaik (best character). Kegiatan berlangsung di Ballroom Hotel Kartika Candra Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav.18-29 Karet Semanggi, Jakarta Selatan. Pada Penganugrahan Pemenag Lomba Sekolah Sehat Tahun 2019 ini pemenang lomba   di berikan hadiah berupa uang pembinaan yaitu untuk Juara I 35 juta, Juara II 25 Juta dan Juara III 20 juta. Jumlah peserta LSS Berkarakter Tahun 2019 ada 94 sekolah dari 26 provinsi dan 82 Kabupaten/Kota yang mengikuti LSS Berkarter Nasional 2019 dari jenjang TK/RA  22 sekolah, SD/MI 24 sekolah, SMP/MTS 26 sekolah dan SMA 24 sekolah. SD Muhammadiyah Condong Catur Depok Kabupaten Sleman meraih juara pertama pada katergori Pembinaan Karakter Siswa Terbaik (best caracter). 

#LSS
#Sleman
#disdik
#disdiksleman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *