Belajar Matematika dengan Genius (Game Notasi Ilmiah untuk Sains)

Matematika sering dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit oleh banyak siswa. Beberapa alasan di balik kesulitan ini termasuk kurangnya pemahaman dasar perhitungan matematis dan metode pembelajaran yang kurang menarik. Untuk mengatasi masalah ini, penggunaan game dalam pembelajaran matematika menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa.

Genius (Game Notasi Ilmiah untuk Sains)

Genius adalah sebuah game pembelajaran yang dikembangkan untuk materi matematika kelas 9, khususnya fokus pada notasi ilmiah. Game ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang komprehensif dan menarik bagi siswa.

Fitur-fitur utama Genius meliputi:

  1. Tujuan pembelajaran
  2. Menu navigasi
  3. Apersepsi
  4. Sejarah notasi ilmiah
  5. Pengertian dan bentuk dasar notasi ilmiah
  6. Konversi angka ke notasi ilmiah
  7. Operasi matematika (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian)
  8. Penerapan notasi ilmiah di berbagai bidang
  9. Kuis interaktif
  10. Evaluasi dan refleksi
  11. Profil pengembang

Keunggulan Genius

  1. Kontekstual: Materi disajikan dalam konteks yang relevan, memudahkan pemahaman siswa.
  2. Mandiri: Siswa dapat belajar secara mandiri karena game mencakup materi dari awal hingga akhir pembelajaran.
  3. Berdiferensiasi: Menyediakan kuis dengan tiga level kesulitan (A, B, C) sesuai dengan kemampuan siswa.
  4. Interaktif: Menggabungkan elemen gambar, video, dan audio untuk pengalaman belajar yang lebih menarik.
  5. Mudah digunakan: Navigasi yang simpel memudahkan siswa dalam mengakses berbagai fitur.

Pengembangan Genius

Genius dikembangkan menggunakan aplikasi Smart Apps Creator 3, yang memungkinkan pembuatan game tanpa coding. Langkah-langkah pembuatan meliputi:

  1. Persiapan materi (gambar, video, teks)
  2. Penggunaan AI Elevenlabs.io untuk mengubah teks menjadi audio
  3. Memasukkan elemen-elemen ke dalam aplikasi
  4. Membuat interaksi dan animasi
  5. Mengonversi menjadi aplikasi Android

Implementasi

Genius telah diimplementasikan di SMP Negeri 1 Cangkringan dan terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Game ini membantu menciptakan pembelajaran matematika yang bermakna, sesuai kemampuan siswa, dan menyenangkan.

Tentang Pengembang

Rita Suryani, M.Sc , adalah sosok dibalik pembuatan Genius, beliau mengajar sebagai guru matematika di SMP Negeri 1 Cangkringan sejak 2016. Sebagai lulusan S-2 Kependidikan Matematika dari University of Bristol di Britania Raya ini, Rita memiliki minat khusus dalam mengembangkan metode dan media pembelajaran matematika yang inovatif dan efektif.

Rita berharap siswa dapat lebih tertarik dan mudah memahami konsep matematika, khususnya notasi ilmiah, melalui pendekatan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. (rita/el)

Bagikan ke sosial media

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *