Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) Wujudkan Pendidikan Yang Berkualitas

Sleman-Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang cerdas dan berkarakter merupakan salah satu program prioritas Presiden Republik Indonesia terpilih tahun 2020-2024. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut yaitu dengan mewujudkan pendidikan yang berkualitas, khususnya di Kabupaten Sleman. Pendidikan berkualitas yang dimaksud adalah pendidikan yang adaptif untuk mempersiapkan individu sebagai seorang perserta didik yang nantinya mampu menghadapi permasalahan kehidupan sesuai dengan jamannya.

Oleh karena itu, Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) perlu hadir sebagai salah satu strategi transformasi pendidikan di Kabupaten Sleman. GSM memiliki konsep untuk turut aktif dalam penciptaan kultur pendidikan yang adaptif dengan perubahan zaman. GSM diharapkan mampu mewujudkan penciptaan ekosistem sekolah yang kondusif dan menyenangkan. Suasana belajar yang menyenangkan merupakan wujud dari implementasi kompetensi paedagogik guru, dimana guru harus mengenal siswa secara individu sehingga diharapkan peserta didik benar-benar siap untuk memulai pembelajaran.

Berdasarkan hal tersebut, Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman menyelenggarakan Workshop Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) Rabu s/d Jumat (2-4/9/2019) bertempat di R Ki Hajar Dewantara Lantai 3 Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Acara dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Sumadi, S.H.,M.H dengan di hadiri oleh perwakilan Kepala SD, perwakilan Guru SD, perwakilan Kepala SMP, perwakilan Guru SMP, Pengawas TK/SD dan Pengawas SMP serta menghadirkan Founder GSM Dr. Muhammad Nur Rizal, M.T,PhD dan Novi Poespita Chandra, M.Psi, PhD dari UGM.

Tujuan kegiatan Pelatihan/Workshop Gerakan Sekolah Menyenangkan ini adalah untuk mendiseminasikan konsep GSM serta memberikan wawasan dan pemahaman terhadap pemangku kepentingan yang terlibat dalam pembelajaran di sekolah terkait dengan konsep GSM sebagai salah satu upaya mewujudkan pendidikan yang berkualitas di Kabupaten Sleman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *