Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2020

Sleman –Tahun ajaran baru bagi peserta didik TK, SD, dan SMP akan dimulai pada Hari Senin Tanggal 13 Juli 2020, yang tentu saja akan diawali dengan kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Pendaftaran bagi calon peserta didik baru TK Kelompok A dan B secara resmi dibuka pada tanggal 8 s.d. 10 Juni 2020. Dilanjutkan dengan rangkaian pendaftaran calon peserta didik baru kelas 1 SD yaitu pada tanggal 15 s.d. 19 Juni 2020. Sedangkan rangkaian pendaftaran calon peserta didik baru kelas 7 SMP yaitu pada tanggal 22 Juni sampai dengan 1 Juli 2020.

Dalam masa tanggap darurat bencana corona virus disease (covid-19) seperti saat ini, beberapa kebijakan baru diterapkan. Diantaranya yaitu Pendaftaran PPDB Online dengan menggunakan metode unggah berkas untuk jenjang SMP Negeri, menggunakan nilai rapor lima semester sebagai pengganti nilai ujian SD/MI, dan pengajuan penambahan nilai prestasi secara online.

PPDB Online juga diterapkan pada jenjang SD Negeri meski tanpa mengunggah/upload dokumen. Sedangkan untuk SD dan SMP swasta dapat menentukan sistem PPDB sesuai kondisi masing-masing, akan tetapi hasil seleksinya wajib untuk dilaporkan secara online melalui sistem PPDB.

Dengan adanya kebijakan baru dalam sistem PPDB saat ini, maka Sekolah dan masyarakat memerlukan informasi yang menyeluruh terkait pelaksanaan PPDB. Berkenaan dengan hal tersebut, kami sampaikan Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB TK, SD, dan SMP Tahun 2020 yang dapat diunduh pada tautan di bawah ini.

Unduh Juknis PPDB 2020 atau di: bit.ly/ppdb-sleman

Bagikan ke sosial media

704 Comments

    1. Saya ingin tanya pak saya daftar luring sd dari bantul ke sleman sampai td siang data tidak bisa diinput ke sistem pak padahal saya sudah menumpuk berkas kk dan akta dan nisn mohon infonya pak.. Terimakasih

      1. Kalau daftar jenjang SD dan TK dari luar Sleman silahkan hub admin ppdb 085155155744 untuk dilakukan tarik data terlebih dahulu, karena data tidak ada di database sleman.

      1. Tergantung, 300 m (jika padat penduduk) dan 600 m (jika tidak padat penduduk). Jadi diantara kedua tersebut.

  1. Mohon maaf admin, di dalam lampiran juknis PPDB SD sepertinya ada kesalahan dalam penentuan Zonasi khususnya di SD N Denggung Kec. Sleman.
    Alamat SD berada di Pedukuhan Bangunrejo, Tridadi, Sleman.
    Sedangkan dalam zonasi Bangunrejo berada di Zona 2, sedangkan Josari yang jauh dari sekolah malah ada di zona 1. Mohon dikoreksi, terimakasih.

    1. mohon maaf pak bisa dibantu saya.. saya masukin username sama password saja gk bisa2… bapak sudah bisa buka sampe lihay zonasi2 gitu pak.mohon saya dibantu jika berkenan. terimaksih

      1. Untuk unsername menggunakan NISN dan password menggunakan tanggal bulan tahun lahir siswa. Jika masih mengalami kendala, silahkan hubungi admin sekolah.

        1. Maaf min , mau tanya :
          1. apakah pengumuman diterimanya siswa sd apakah serentak diumumkan online /kebijakan menurut sd masing2

          2. apakah sistem zonasi bisa dikatakan menggunakan sistem gugur , misalkan pilihan 1 diterima..apakah otomatis pilihan ke 2 gugur ? atau bagaimana…

          Terimakasih sebelumnya

          1. 1. Untuk jenjang SD diumumkan per jalur. Selain itu, sekolah swasta yang memiliki kebijakan masing2.
            2. Sistem zonasi memang secara tidak langsung menggunakan sistem gugur, karena berdasarkan zona dan usia yang diutamakan. Setiap memilih maka akan diterima di salah satu saja.

      2. Sampai skrg sy masih blm bisa login . Tulisannya slalu “username dan password tidak terdaftar” . Admin sklh jg blm memberi kabar lebih lanjut, bagaimana ya?Utk waktu max login+pendaftaran kpn ya?

        1. Jika anak tidak sekolah/tidak paud atau dari RA, silahkan registrasi terlebih dahaulu di laman masuk PPDB bagian bawah untuk mendapatkan NISN. Jika sudah memiliki NISN, silahkan hub nomor 085155155744 (admin PPDB) untuk dilakukan ressert password.

  2. Mohon admin.. Daerah gejayan kok zona 1 nya hanya di SD gejayan condong catur depok aja.. Sedih banget padahal rumah saya dekat dengan SD gambir anom namun tidak bisa masuk zona 2..padahal lbh dekat dibandingkan Minomartani.. Kasihan banget anak² yang di gejayan bisa ga dapat sekolah klo begini

    1. Setiap SDN memang hanya memiliki 1 padukuhan sebagai zona 1 (lokasi SD). Selain ke SD Gejayan, untuk padukuhan gejayan bisa daftar di SD Deresan atau SD Perumnas CC yang masuk sebagai zona 2. Atau bisa juga daftar di SD Gambiranom, SD Bhaktikarya, SD Condongcatur, SD Karangasem, SD Kentungan, SD Ngringin, SD Perumnas 3, SD Puren, SD Sarikarya yang masuk sebagai zona 3.

      1. Ijin min…klo kk prambanan bisa daftar di SD wilayah kalasan kah…karena sementara rumah kontrak di wilayah kalasan…mohin ijin petunjuk min

        1. Prinsip semua anak bisa daftar SD di seluruh Kabupaten Sleman kok Pak. Jadi meski KK Prambanan tetap bisa daftar di wilayah Kalasan, hanya saja tidak mendapatkan tambahan poin zonasi.

      1. Betul, karena tidak ada SD yang berlokasi di Padukuhan tersebut.
        Meski demikian masih bisa mendaftar diantara:
        SD Negeri Caturtunggal 3 Depok
        SD Negeri Caturtunggal 7 Depok
        SD Negeri Caturtunggal 1 Depok
        SD Negeri Deresan Depok
        SD Negeri Karangwuni 1 Depok
        yang menjadi zona 2 Padukuhan Gandok.

  3. Saya mau tanya apakah saya bisa mengikuti ppdb sleman dan ppdp kota jogja maksud saya daftar dua di kota jogja dan di sleman yg mau masuk smp pak.terimah kasih

      1. Assalamu’alaikum
        Sy ingin bertanya,apa bisa mendaftar ppdb smp untuk pilihan pertama smp jogja dan utk pilihan 2 dan 3 smp sleman

          1. jalur ppdb apa yang bisa digunakan untuk mengikuti ppdb smp apabila KK anak yang bersangkutan ikut KK Kota Yogyakarta? persyaratan apa saja yang harus dilengkapi?

          2. Jalur pindah tugas orangtua (anak guru atau kepala sekolah khusus sekolah yang dituju), jalur prestasi (5 % untuk KK di luar sleman), dan jalur luring (apabila sekolah tujuan kuota belum terpenuhi).

  4. Selamat pagi, saya ingin bertanya, apakah bisa mendaftar ppdb SMP Jogja dan Sleman padahal waktu nya sama?

    1. Prinsip bisa dilakukan, akan tetapi jika diterima di kedua SMP tersebut maka akan menangguhkan kesempatan bagi pendaftar lain untuk diterima di SMP yang Anda tuju.

  5. Assalamulaikum warahmatullah. terima kasih informasi PPDB-nya. Apakah file untuk KK, SKL/Ijazah, dan SKHB bisa selain jpeg, misalnya pdf karena rencananya pengumuman SKL dan SKHB di sekolah kami secara online dengan file pdf. matur nuwun

    1. Wa’alaikumsalam wr.wb. Masukan Bapak kami tampung terlebih dahulu. Akan kami sampaikan ke programmer dan pimpinan.

  6. Mau tanya,saya kk sleman mau daftar di smp 4 pakem tapi saya di luar zona wilayah apa bisa saya daftar di smp tersebut.terimah kasih

    1. Bisa, silahkan daftar melalui jalur prestasi, jika nilai gabungan antara nilai rapor dan nilai USBN 4 tahun di atas atau sama dengan 245.

      1. apakah jalur prestasi 25% tidak memakai batasan zona (bisa mendaftar diseluruh wilayah dikabupaten sleman?) jika kk dari lingkup kab sleman?
        contoh dari kk wilayah godean apakah bisa mendaftar jalur prestasi yang 25% di SMP 1 sleman?

  7. Selamat pagi, min, saya mau tanya, kalau saya sudah daftar smp di jogja tgl 1 juni tapi login nya masih tgl 29 juni, lalu saya daftar di sleman tgl 24 juni. Kira2 bisa tidak ya, min?

  8. dalam satu zonasi jarak yang dihitung maksimal berpa Km. dan koordinatnya menggunakan koordinat sekolahan dengan rumah calon siswa atau kantor desa atau batas desa ?

    1. Untuk zonasi radius ditentukan berdasarkan jarak titik koordinat tempat tinggal sesuai domisili (alamat yang sah sesuai KK) ke titik koordinat sekolah dengan batasan jarak sesuai Lampiran IV dalam juknis.

    1. Bisa melalui jalur perpindahan tugas orang tua tanggal 15 & 16 Juni 2020, atau melalui Jalur Luring tanggal 18 & 19 Juni 2020.

      1. untuk pendaftaran siswa baru SD Kab.Sleman jalur perpindahan tugas orang tua apa juga bisa melalui online atau harus ke SD yg akan dituju?

        1. Untuk jalur pindah tugas orang tua silahkan untuk menuju ke SD tujuan untuk verifikasi SK Mutasi sebelum nantinya didaftarkan secara online oleh panita SD.

  9. Mohon info min. Anak saya sekolah dan lulus dari sd di sleman, dan rencana mau daftar smp di sleman jg, tapi KK saya masih luar DIY. Berarti pada ppdb smp nanti hanya bisa melalui jalur prestasi ya min?
    Terima kasih.

    1. Bisa mendaftar melalui Jalur Prestasi,

      Tata Cara Pendaftaran Jalur Prestasi
      1. Pendaftaran dilaksanakan mulai tanggal 17 Juni sampai dengan 22 Juni 2020 secara online melalui laman https://sleman.siap-ppdb.com.
      2. Calon peserta didik baru melakukan pengajuan pendaftaran dengan langkah sebagai berikut:
      a. menginput NISN dan seluruh isian formulir online,
      b. mengunggah/upload file hasil foto (.jpg) dokumen persyaratan, yaitu:
      1) Kartu Keluarga,
      2) Surat Keterangan Lulus/Ijazah,
      3) Surat Keterangan Hasil Belajar,
      4) Surat Keterangan Penambahan Nilai Prestasi (bagi yang memiliki),
      5) Surat Keterangan Rata-rata Nilai Ujian SD/MI (khusus bagi pendaftar yang berasal dari SD/MI luar DIY).
      c. memilih paling banyak 3 (tiga) sekolah tujuan,
      d. mencetak/menyimpan file bukti pengajuan pendaftaran.

  10. Untuk PPDB SMP apakah Jalur Prestasi wajib punya Piagam Penghargaan minimal setara Kabupaten atau bisa tidak punya tapi nilai gabungan lebih dari 245.Mohon informasinya.Tetima kasih

  11. Jika KK Sleman baru tahun 2020, namun tinggal di Sleman sudah sejak 2015, apakah tidak bisa mengikuti PPDB Zona 1-4 jika dilengkapi surat keterangan domisili/tinggal di Sleman yang diketahui Kepala Desa? mohon pertimbangannya karena belum terakomodasi dalam juknis pddb

    1. Dikarenakan surat keterangan domisili tidak menjadi bagian dalam administrasi kependudukan, maka tidak dapat dijadikan tambahan persyaratan dalam Jalur Zonasi.
      Bapak bisa mendaftarkan anak melalui Jalur Luring pada tanggal 18 & 19 Juni 2020.

      1. Yang dimaksud jalur Luring itu gimana ya Pak?APA itu masuk di juknis Sleman?karena Saya juga mengalami Hal yg sama,namun Saya sudah pindah KK mulai agustus 2019, sedangkan pengambilan data untuk ppdb Sleman maks 1 juli 2019.

        1. Jalur Luring SD Negeri diperuntukkan bagi siswa yang belum dapat mengikuti jalur zonasi/lainnya dan hanya pada SD Negeri yang belum terpenuhi daya tampungnya selesai.

          1. Kalau luring jenjang SMP mekanisme nya tgl berapa, karena masalah kami sama terkendala tanggal KK

  12. Tambahan nilai hanya bisa digunakan di jalur prestasi saja atau bisa digunakan juga di jalur zonasi?

      1. jika sudah ngurus tambahan nilai tapi gak dipakai karena daftar lewat jalur zonasi bisa pak?

        1. Apabila nilai gabungan ditambahkan nilai prestasi mencapai 245 maka surat penambahan nilai akan diterbitkan. Jika tidak diterima di jalur prestasi bisa mendaftar ke jalur zonasi, hanya saja nilai prestasi tidak lagi berlaku.

  13. Assalamulaikum wr, wb

    mhn ijin bertanya,..
    untuk zonasi SD sorogenen 1 dan sd sorogenen 2.. pedukuhan sorogenen 2 kok masuk zona dua di kedua SD tersebut? dan Pedukuhan sorogenen 1 semuanya masuk zona 1 dikedua sd..
    Sementara iswa RA/TK banyak yang berdomisili di pedukuhan sorogenen II?
    Mengapa tidak ada zona 1 untuk pedukuhan sorogenen 2?

    Terimakasih

    1. Zona 1 hanya muncul apabila ada SDN yang berlokasi di Padukuhan tersebut.
      Jika memang ada kesalahan dalam pencantuman lokasi SD maka bisa diajukan koreksi.

  14. Maaf minta petunjuk utk batasan zonasi. Utk smp N 2 sleman, smp N 1 tempel dan smp N tempel. Itu SD mana saja yang sekiranya bisa masuk zonasi. Anak saya SD N keceme itu kira2 bisa masuk zonasi mana ya. Trima kasih

    1. Jalur Zonasi ditentukan berdasarkan domisili yaitu alamat sesuai KK. Jadi Bapak dapat menentukan SMP tujuan berdasarkan zona Desa, bukan dari asal SD.

    1. Semua yang tercantum dalam lampiran zonasi wilayah adalah SD Negeri, karena jalur zonasi dikecualikan untuk sekolah swasta.

    1. Jika berdomisili setidaknya 1 tahun di wilayah administrasi Desa :
      Depok, Caturtunggal
      Gamping, Trihanggo
      Mlati, Sendangadi
      Mlati, Sinduadi
      Mlati, Sumberadi
      Mlati, Tirtoadi
      Mlati, Tlogoadi
      Ngaglik, Sariharjo
      Ngaglik, Sinduharjo
      Sleman, Tridadi
      maka bisa daftar lewat jalur zonasi pada tanggal 24-30 Juni 2020.

  15. Mohon petunjuk min. Apakah saya bisa mendaftar smp di sleman dengan KK sleman saya per 15 juli 2019. Kalau tidak bisa daftar di sleman.Dan apakah kalau seperti kasus ini apakah bisa saya mendaftar di KK saya sebelumnya. Padahal di syarat formulirnya ada foto kopi KK, sedangkan KK saya sudah sleman. Terima kasih mohon petunjuk

  16. Maaf pak jika udah ngurus tambahan nilai trus daftar lewat jalur prestasi dan tidak diterima. apakah masih bisa daftar lwat jalur zonasi tanpa tambahan nilainya? Terima kasih

  17. Maaf mau nanya,kk saya beda dengan tpt saya tinggal,ada keponakan yang ikut saya tp kk sama dengan kk saya,dikarenakan ibunya barusan meninggal lakalantas,bisa gak ponakan saya daftar di tpt saya tinggal,kk sama tpt saya tinggal beda kecamatan,makasih infonya

  18. Selamat pagi, mau tanya utk pendaftaran smp jalur wilayah, bisa mendaftar 3 sekolah sekaligus betul? Kemudian apakah pemilihan sekolah tersebut spt tahun kemarin, jika pilihan 1 tdk diterima pihak sekolah akan menurunkan ke pilihan 2 dst? Untuk pendaftaran sesuai wilayah nilai ujian juga berpengaruh dlm pendaftaran spt thn kmrn mengantikan nilai UNAS? mohon jawabannya, terimakasih

    1. 1. Betul, utk pendaftaran smp jalur zonasi wilayah, bisa mendaftar 3 sekolah sekaligus.
      2. Betul, secara sistem akan memasukkan ke pilihan 2 dst apabila tidak diterima di pilihan 1.
      3. Untuk jalur zonasi wilayah nilai yang digunakan untuk menentukan peringkat adalah nilai gabungan, yaitu:
      Nilai Rapor 5 semester dengan boot 80% & Nilai rata2 USBN SD asal dengan bobot 20%

      1. Jadi untuk zonasi wilayah tidak ditentukan oleh jarak rumah ya kak? Maksudnya apabila rumah saya di daerah Maguwoharjo bisa daftar ke SMP yg jaraknya lebih dari 5 km dari rumah saya ya?

  19. Assalamu’alaikum… mohon izin bertanya, untuk surat keterangan nilai gabungan apakah hanya digunakan untuk mendaftar jalur prestasi saja?

    1. Wa’alaikumsalam
      Nilai Gabungan digunakan untuk menentukan peringkat dalam Jalur Zonasi dan Jalur Prestasi.

  20. Maaf

    Utk Dsn Nusupan Trihanggo kenapa tdk ada Zona 1 sama sekali utk PPDB SD thn ini ?

    Semua masuk Zona 2 ?

    1. Zona 1 muncul apabila Lokasi SD berada dalam wilayah Padukuhan yang ditempati.
      Meskipun Padukuhan Nusupan tidak memiliki zona 1 tetap bisa mendaftar di
      SD Negeri Baturan 1 Gamping
      SD Negeri Jambon 2 Gamping
      SD Negeri Mayangan Gamping
      SD Negeri Nogotirto Gamping
      SD Negeri Tuguran Gamping
      yang terdata sebagai Zona 2.

  21. Pak,saya mohon infonya
    Kk saya luar sleman,mau mendaftar di sleman, lalu, jika saya tidak keterima, apakah saya masih bisa mendaftar smp di daerah saya, atau sudah tidak bisa?
    Lalu, pendaftaran jalur prestasi dimulaj tanggal berapa ya pak?

    1. Bisa, selagi jadwal tidak bersamaan.

      Pelaksanaan Jalur Prestasi SMP Negeri:
      Pendaftaran & unggah/upload dokumen : Rabu s.d. Senin, 17 s.d. 22 Juni
      Online melalui laman: sleman.siap-ppdb.com
      Verifikasi dokumen secara online oleh Panitia Sekolah : Senin & Selasa, 22 dan 23 Juni
      Pengumuman hasil seleksi, Rabu, 24 Juni pukul 08.00 WIB

  22. Siswa yang sudah diverikasi di jalur prestasi tapi tidak lolos seleksi, apakah masih bisa mendaftar di jalur zonasi wilayah?

    1. Jika KK Sleman bisa daftar melalui jalur zonasi secara online pada tanggal 11-16 Juni 2020 melalui ppdb.slemankab.go.id.
      Jika KK luar Sleman bisa daftar melalui jalur Pindah Tugas Orang Tua pada tanggal 15-16 Juni 2020 ke SD yang dituju.
      Jika tidak dapat hadir hubungi langsung SD yang dituju untuk klarifikasi Surat Mutasi Orang Tua.

        1. Jalur zonasi hari ini nggih. Jalur ABK, pindah tugas dan afirmasi kemarin (17 Juni 2020). Jalur luring langsungan.

  23. Permisi mau nanya, kalau buat pilihan sma itu diberi berapa kesempatan ya? Apakah bisa memilih diluar kabupaten tapi masih di zona satu? Atau harus satu kabupaten? Dan itu di ukur dari garis lurus rumah kan? Misal gini kalau anak itu di zona 2 tapi garis lurusnya lebih dekat dari anak yang dari zona 1 itu kesempatan keterimanya besar siapa ya? Soalnya ditempat saya gitu, rumah saya yang deket malah zona 2. Terimakasih sebelumnya

  24. Untuk PPDB SMP kalau daftar lewat Jalur Prestasi tidak diterima apakah kemudian masih bisa daftar lewat Jalur Zonasi Wilayah.Untuk PPDB SD kalau kita tidak diterima di Pilihan 1 kemudian terlempar ke pilihan 2 apakah posisi kita ada di bawah pendaftar yang memilih Pilihan 1 di SD tersebut sekalipun skor/nilai usia ditambah poin zonasi kita lebih tinggi.Mohon penjelasannya.Terima kasih.

    1. 1. Jika tidak diterima di Jalur Prestasi, bisa mendaftar di Jalur Zonasi apabila memenuhi ketentuan.
      2. Untuk peringkat pilihan sekolah diurutkan apabila diperoleh nilai penjumlahan yang sama antara usia dan poin zonasi. Berlaku juga untuk jenjang SMP.

  25. Kalau daftar 2 jalur bisa ngk y karena wsktuny berbada.Misanya daftar jalur prestasi dan jalur zona.Jadi klo ngk keterima di jalur prestasi masih ada jalur zona..

  26. Yth. Admin
    Wali murid kami bertanya: kalau titik koordinat tempat tinggal anak dan KK berbeda bagaimana? Maksudnya boleh tidak mendaftar ke sekolah terdekat menggunakan jalur zonasi radius sesuai alamat sekarang?
    Matur nuwun

    1. Untuk Jalur Zonasi Radius titik koordinat ditentukan berdasarkan tempat tinggal yang sesuai dengan alamat yang tertera sesuai KK.

    1. Wa’alaikumsalam
      Bisa melalui Jalur Luring pada tanggal 18-19 Juni 2020.
      Datang langsung ke SD dengan membawa fotokopi Akta Kelahiran dan KK dengan menunjukkan aslinya

  27. Pak, apabila telah pindah KK jogja ttp blm ada 1th, sementara disyaratkan min 1th, apakah saya bisa daftar di SMP sleman?

    1. Bisa mendaftar Jalur Prestasi dari luar Kabupaten Sleman dengan kuota sebanyak 5% dari daya tampung sekolah

  28. Mohon informasi.
    SD saya berada di wilayah perbatasan Sleman dan magelang yang otomatis sebagian siswanya adalah warga Magelang . Apakah tahun ini ada kesempatan mendaftar SMP negeri melalui jalur wilayah perbatasan seprti tahun lalu untuk yang ber- KK Magelang ?bila ada berapa kuota nya .nuwun

    1. Masih tersedia Jalur Perbatasan, apabila daya tampung sekolah belum terpenuhi. Dengan kuota sebanyak sisa daya tampunng yang dimiliki sekolah tujuan.

  29. Apakah bisa daftar 2 jalur yaitu jalur orestasi dan jalur zonasi.dan jika diterima semua yv dipakai yg mana…trimakasih

    1. Bisa mendaftar keduanya apabila memenuhi persyaratan, dikarenakan jadwal pelaksanaan tidak bersamaan.
      Silahkan mendaftar Jalur Prestasi terlebih dahulu. Jika diterima maka tidak dapat mendaftar ke Jalur Zonasi.

  30. jika calon siswa mendaftar melalui jalur zonasi dan tidak diterima, apakah masih bisa mendaftar melalui jalur Luring?

  31. Selamat siang, mohon maaf apakah bisa menanyakan tentang PPDB sma/ smk dikolom komentar ini.
    Pertanyaannya: siapakah yang melakukan pengecekan data kependudukan calon peserta didik sma/ smk yang terjadwal pada tanggal 2- 5 juni 2020?? Terimaksih atas jawaban yang disampaikan.

  32. Mohon infonya apabila daftar Jalur Prestasi tidak diterima apa masih bisa daftar melalui Jalur Zonasi wilayah.Tetima kasih.

    1. Jika KK Sleman, maka silahkan bisa mendaftar Jalur ZOnasi secara online dengan ketentuan yang dapat diunduh melalui bit.ly/ppdb-sleman

  33. Anak saya nilai gabungannta sekutar 244 tapi punya sertifikat olahraga juara 1 tg dikeluarkan Dinas pendidikan sleman , Apakah anak saya bisa daftar lewat jalur prestasi

      1. Slamat siang, mohon informasi prosedur mengurus surat keterangan penambahan nilai untuk sertifikat kejuaraan

        1. Penambahan nilai prestasi akan dimulai pada tanggal 2 Juni sampai dengan 6 Juni, dengan mengajukan secara online melalui bit.ly/prestasi-sleman. Secara detail silahkan unduh Lampiran VI Juknis PPDB SMP melalui tautan bit.ly/ppdb-sleman.

  34. Peserta lulusan SD bantul..kk sleman tp mau masuk zona bantul..baiknya masuj jalur apa. Dan syaratnya apa saja..

  35. Untuk ppdb smp, tidak ada zona 2 begitu ya min? Yang tercantum pada lampiran V hanya zona 1 saja? Atau bagaimana? Terimakasih

    1. Untuk Zona 2 hanya diperuntukkan bagi SMP Negeri di daerah perbatasan atau SMP yang belum terpenuhi kuotanya.

  36. Nilai Rapor 5 semester dengan boot 80% & Nilai rata2 USBN SD asal dengan bobot 20%
    Mhn kejelasan Nilai Rapor 5 semester itu semua mapel di rapor atau hanya 3 mapel ( B Indo,mtk dan IPA)
    trima kasih.

    1. Jalur luring SD Negeri yaitu jalur yang pendaftarannya tidak melalui online, dan dilaksanakan setelah pendaftaran online selesai. Jalur luring ini dapat diikuti bagi calon peserta didik dengan KK Sleman kurang dari satu tahun atau KK luar Sleman dan mendaftar pada SD Negeri yang masih belum terpenuhi daya tampungnya.

  37. Untuk lulusan SD dari Kota YK, dengan KK asli Sleman, berdasarkan Juknis PPDB Sleman mohon informasinya :
    1. apakah proses seleksi baik nilai maupun kuota ada perbedaan dgn lulusan SD dari Sleman?
    2. format keterangan lulus dll jika tidak sesuai dgn yang diatur dalam Juknis, tetapi substansinya sama apakah bisa diterima?

    Trimakasih.

    1. 1. Untuk lulusan SD dari Kota Yk dengan KK Sleman tidak ada perbedaan dalam proses seleksi dan kuotanya.
      2. SKL bisa diterima dengan substansi sama meski beda format.

      1. Apakah di PPDB online nantinya nilai rata-rata raport dientry per semester atau hanya hasil akhirnya saja?
        Karena nilai raport dari SD anak saya tidak dirinci per semester.

        1. Rata-rata nilai rapor 5 semester akan diterbitkan oleh Kepala SD. Dan datanya diserahkan kepada Dinas. Dinas akan memasukkan rata2 nilai per matpel ke dalam sistem. Oleh karenanya apabila SD anak berasal dari SD di wilayah Kabupaten Sleman, maka tidak perlu entry nilai rapor.

          1. Untuk lulusan SD kota KK sleman berarti entry nilai sendiri di sistem pada saat pendaftaran, atau menyampaikan nilai ke dinas untuk dientry oleh Dinas?

          2. Input oleh sekolah asal. Jika mengalami kesalahan baru dilaporkan ke dinas melalui sekolah.

  38. Dear Admin mohon pencerahan …apakah bisa mendaftar ke jalur zonasi wilayah setelah tersisih di jalur prestasi dalam satu wilayah Sleman…karena schedule jalur prestasi dan zonasi berbeda.
    Sedang untuk jalur prestasi apakah bisa mendaftar lebih dari 1 sekolah…terimakasih 🙏

    1. Bagi KK Sleman bisa mendaftar melalui jalur prestasi dan jalur zonasi, yang masing-masing diberikan kesempatan memilih paling banyak 3 SMPN.

  39. Assalamualaikum Admin…apakah bisa mendaftar via jalur prestasi lebih dari satu sekolah tujuan dalam satu wilayah Sleman.terimakasih

    1. Wa’alaikusalam
      Bisa, pendaftar pada jalur prestasi diberi kesempatan memilih paling banyak 3 sekolah tujuan (SMPN di Kab. Sleman).

  40. Kalau KK sebelumnya di sleman, pindah KK kodya jogja bln sept 19…jadi sejak sept 19, KK sdh kodya yogya jd blm genap 1 thn (10 bln)…apakah bisa daftar smp disleman melalui masuk jalur zonasi dg lampiran KK kodya tsb, dilampiri copy KK sleman yg dulu.
    Terimakasih.

    1. Jika saat ini sudah pindah kependudukan ke kota Jogja maka tidak bisa mendaftar melalui Jalur Zonasi, tetapi masih bisa mendaftar melalui Jalur Prestasi.

  41. Untuk syarat piagam lomba apakah boleh dr lomba2 berjenjang tingkat nasional atau provinsi yg diadakan oleh lembaga2 swasta yg biasa mengadakan event2 perlombaan kompetisi sains atau matematika tkt nasional atau Provinsi?
    Karena sekarang kan banyak sekali lomba2 berjenjang spt itu
    Mks

    1. Untuk keperluan PPDB, penambahan nilai prestasi didasarkan pada lomba berjenjang seperti yang tercantum dalam Lampiran VI Juknis PPDB SMP yang dapat diunduh melalui tautan bit.ly/ppdb-sleman.

  42. mau tanya, untuk pendaftaran lewat jalur prestasi lingkupnya apakah hanya zona1, atau bisa mendaftar diseluruh daerah di kabupaten sleman?
    jika bisa apakah tidak dikurangi point atau nilai gabungannya jika lintas zonasi 1… terima kasih

    1. Pendaftaran Jalur Prestasi tidak dibatasi zonasi, artinya bisa memilih paling banyak 3 SMP Negeri di seluruh wilayah Kabupaten Sleman.

  43. Mau nanya min… kalau jalur prestasi dari kk sleman, apakah wajib mendaftarkan di zonasi desa terdekat, atau bisa mendaftar diseluruh wilayah kabupaten sleman tanpa batasannya?

  44. Ass. Mau tanya ank saya nanti lulusan sd negeri sokowaten banguntapan bantul, KK jg bantul apakah bisa daftar smp negeri kodya jogja? Lewat jalur apa pendaftaran nya

  45. Untuk pendafatarn jalur perpindahan Ortu dari luar DIY ake DIY, apakah harus KK sleman utk bisa daftar masuk SMP?
    Syaratnya apa hanya SK mutasi Ortu?

    1. Jalur perpindahan tugas orang tua justru memberikan kesempatan bagi anak dengan KK Luar Sleman yang mengikuti ketugasan orang tua untuk bersekolah di Sleman. Dengan syarat memiliki SK mutasi ke wilayah Sleman.

      1. Maksud saya, Sk mutasi ke wilayah Sleman atau DIY? Kebetulan ada yg mutasinya ke kota tp rmhnya di Sleman..
        Kalau tdk salah ketentuannya dari luar wilayah DIY ke wilayah DIY.. Mhn penjelasan..terima kasih.

        1. Jika KK Sleman, bisa mendaftar melalui jalur zonasi secara online melalui laman ppdb.slemankab.go.id pada tanggal 11-16 Juni 2020 (untuk SD), dan laman sleman.siap-ppdb.com (untuk SMP)
          Jika KK luar Sleman, bisa mendaftar melalui Jalur Prestasi ataupun Jalur Pindah Tugas Orang Tua
          Untuk detailnya bisa lihat pada Juknis Penerimaan Peserta Didik Baru di laman https://disdik.slemankab.go.id/

        1. Jika pindah tugas dari luar DIY ke wilayah Kota tetap diperbolehkan mendaftar melalui jalur pindah tugas.

    1. Bisa daftar langsung ke SD Nyaen pada tanggal 18-19 Juni 2020. Namun sebelumnya bisa memantau ketersediaan kursi di SD Nyaen melalui laman ppdb.slemankab.go.id pada tanggal 15-17 Juni 2020.

      1. Melanjutkan pertanyaan:
        1. apa perbedaan laman ppdb.slemankab.go.id dengan laman sleman.siap-ppdb.com
        2. kapan/mulai tgl berapa laman tersebut bisa diakses

        1. Laman sleman.siap-ppdb.com dipergunakan untuk mendaftar ke SMP Negeri.
          Sedangkan laman ppdb.slemankab.go.id untuk mendaftar ke SD Negeri.

  46. untuk pendaftaran SMP jalur prestasi yang domisili dan SD asal dari kabupaten sleman , apakah nanti juga mengupload surat keterangan rata2 nilai ujian SD pada saat mendaftar?

    1. Bagi lulusan SD se-Sleman bahkan se-DIY, rata2 USBN SD 4 tahun tidak perlu diupload, karena sudah ada database nya.

  47. Mohon pencerahannya min…
    Saya mau mendaftarkan anak saya smp…
    Tetapi saya blm ada 1 tahun pindah kk.tetapi saya pindah kk dengan alamat yg sama….karna sebelumnya ikut orang tua saya…apakah bisa daftar dengan jalur zonasi? terimakasih….

    1. Jika yang dimaksud adalah masih sesama KK Sleman, dan NIK anak sudah terdaftar di Sleman meski sebagai cucu, maka secara database sudah terdaftar di Sleman 1 tahun lalu, dan bisa mendaftar melalui jalur zonasi.

  48. Assalamu’alaikum
    Mohon info untuk pendaftaran SMP, rata-rata nilai rapot 5 semester formatnya apakah sama dengan di lampiran pada file Google drive?. Karena yang saya baca di lampiran itu untuk paket A.

    1. Wa’alaikumsalam
      Format Surat Keterangan Hasil Belajar untuk lulusan SD/MI/Paket A sama seperti pada Lampiran VII Juknis PPDB SMP.

  49. Selamat pagi, nyuwun perso: saya mau mendafyarkan anak saya di SMK
    – pilihan 1 SMK Kota
    – pilihan 2 SMK sleman
    Saya tinggal didaerah monjali, titik koordinarnya dekat dengan SMK kota, dan titik koordinatnya jauh dari SMK pikihan 2
    PERTANYAAN:
    1. Apakah bisa mendaftar seperti itu,,dengan sekolah pilihan kota dan kabupaten
    2. Ataukah mendaftar di SMK kota semua klau melihat tiitk koordinatnya dekat dengan SMK kota?
    TERIMAKASIH

  50. Assalamu’alaikum

    Mohon informasinya, untuk pendaftaran sekolah SMP Negeri untuk tahun 2020, apakah untuk pilihan sekolah. Misalnya : Kami memilih Pilihan pertama SMP 2 Ngaglik, pilihan kedua SMP 4 Ngaglik dan dan pilihan ketiga SMP 5 Depok apakah diperkanan atau harus SMP Negeri Ngaglik semua. Mohon Informasinya. Terima kasih

    Wa’alaikumsalam

    1. Diperbolehkan mendaftar dimanapun, tetapi kami sarankan untuk mendaftar sesuai zonasi wilayah domisilinya. Wilayah zonasi bisa dilihat di juknis pada lampiran 5.

  51. untuk jalur prestasi bisakah memakai sertifikat kejuaraan yang dilaksanakan oleh induk organisasi cabang olah raga yang bersangkutan?

    1. Jika kejuaraan yang dimaksud bukan merupakan bagian dari Pekan Olahraga Pelajar atau Pekan Olahraga Nasional maka tidak termasuk sebagai penambahan nilai untuk jalur prestasi,

  52. min..misal nilai gabugan plus nilai prstasi Sertifkat Kejuaraan jumlahnya di atas 255. Tapi ternyata kompetitornya jalur prestasi nilai RAPOT, nilai gabugannya lebih tinggi. Otomatis nilai yg lebih rendah tdk bs bersaing kan?
    Duh gak Fair dong !!!!
    Padahal kenapa memilih prstasi diluar akademik karena berbagai alasan psikologis, minat anak, dan masalah lain.
    Jadi kesempatan anak diluar prestasi akademik tidak terakomodir di zona jalur prestasi…? begitu y…

    1. Untuk Jalur Prestasi mengakomodir capaian siswa dari sisi akademik dan non-akademik, dan betul untuk seleksinya diurutkan berdasarkan penjumlahan antara nilai gabungan dan nilai prestasi.

      1. Kesimpulan nya…. untuk mendapatkan sekolah yg diinginkan, siswa harus punya kompetensi Akademik (tinggi) *mutlak*
        dan prestasi diluar akademik hanyalah pelengkap tambahan. Begitu y min…

        1. Dengan nilai akademik/nilai gabungan minimal 239,00 dan ditambah nilai prestasi masih bisa mendaftar melalui jalur prestasi.

  53. Maaf mau tanya. Saya ktp sleman tp perbatasan dg kota jogja. Misal saya dekat dengan sdn kota jogja terus jika dibanding dg sdn di sleman tp lebih jauh dari sd yg dikodya. Jika mendaftar, peluang keterima lebih besar di sd kodya yg deket atau di sd sleman yg terdekat tp lebih jauh.

    1. Jika merupakan penduduk Sleman, maka peluang untuk diterima lebih besar ketika mendaftar di SD Negeri di Sleman karena memliki kuota Zonasi sebanyak 80%.

  54. Maaf mau nanya. Pendaftaran online sd negeri di sleman tanggal berapa ya? Kok saya baca dikomentar mulai tanggal 11 juni. Terus yg tanggal 2 juni apa itu? Saya masih bingung

    1. Tanggal 2-6 Juni untuk pengecekan identitas anak. Jadi sebelum mendaftar online yang dimulai tanggal 11 Juni, orang tua silahkan bisa mengecek identitas siswa sekaligus bisa mencoba-coba cara pendaftaran. Pada saat pelaksanaan record pendaftaran akan dibersihkan.

  55. Rumah kami berjarak kurang dari 300 meter dari SMP 4 Pakem, berarti anak kami bisa mendaftar melalui jalur Zona Radius ya, yang dalam Juknis akan dimulai tanggal 19 June 2020?

  56. Selamat siang, mhn maaf bpk/ ibu admin, menanyakan “yang dimaksud dengan pilihan kompetensi keahlian hanya diperbolehkanhanya dalam 1 jenis SMK itu bagaimana yaa”

    Terimaksih atas jawaban yang diberikan

  57. Selamat siang. Untuk pengajuan nilai tambahan jalur prestasi apakah hanya boleh 1 sertifikat?? Apakah boleh mengajukan dgn sertifikat internasional tetapi dari luar negri?? Tks

    1. Hanya dibatasi pada satu prestasi yang tertinggi dan merupakan kejuaraan yang sesuai dengan ketentuan pada Lampiran VI Juknis PPDB SMP.

  58. Mohon penjelasan admin:
    1. apa perbedaan laman ppdb.slemankab.go.id dan laman sleman.siap-ppdb.com?
    2. pertanggal berapa laman tersebut mulai bisa diakses?

  59. Mohon penjelasannya bapak/ibu.
    Anak saya kelas 5-6 sekolah di sragen. Tp sejak lahir sampai saat ini domisili masih sleman.apakah anak saya masih bisa mendaftar SMP lewat jalur zonasi? Dan alamat email yang untuk mendaftar apakah bisa menggunakan email milik orang tua?

    1. Bisa mendaftar melalui jalur zonasi, karena yang dijadikan dasar adalah alamat yang tertera pada KK, bukan berdasarkan asal SDnya.

  60. Apakah ada data range Nilai siswa yg diterima PPDB SMPN 4 Drpok th lalu, baik jalur zonasi & wilayah ? Terima kasih

    1. Range nilai tahun lalu sebetulnya tidak dapat dijadikan pedoman dikarenakan menggunakan jenis penilaian yang berbeda. Dimana pada tahun lalu siswa yang masuk dalam zona diberi tambahan poin zonasi, sedangkan untuk tahun ini tidak berlaku poin zonasi.

      1. mohon kejelasan jika tidak ada poin zonasi misal
        A. Nilai 217 masuk Zona 2 di SMP N Ngaglik 1
        B.Nilai 201 Masuk Zona 1 di SMP N Ngaglik 1
        Yang diterima yang mana
        Trimakasih

        1. Prinsipnya untuk jalur zonasi akan dipertimbangkan jarak alamat KK dengan sekolah. Semakin dekat maka kesempatan diterima akan semakin besar, sehingga nilai tidak berpengaruh.

  61. Selamat siang. Apakah untuk jalur prestasi bisa menggunakan sertifikat internasional dari luar negri?? Terimakasih

    1. Apabila kejuaraan internasional tersebut merupakan kegiatan yang difasilitasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka menjadi duta resmi Indonesia maka diperbolehkan.

  62. Mau tanya, kalau KK luar kota, tp tinggal di sleman 11 th. Dekat dengan SMP N depok,
    Apakah tetap tidak bisa masuk negri terhalang dengan KK luar kota??

    1. Peluang KK Luar Sleman untuk diterima di SMPN Depok sangat rendah ketika mendaftar melalui Jalur Zonasi Wilayah, karena jumlah pendaftar dengan KK SLeman dalam zona di SMPN Depok rata-rata melebihi jumlah kursi (daya tampung) yang disediaakan. Dikarenakan akan diseleksi berdasarkan zona terlebih dahulu, maka KK Luar Sleman akan berada pada prioritas ketiga setelah KK Sleman dalam zona, dan KK Sleman luar zona.
      Silahkan untuk mendaftar melalui Jalur Prestasi apabila nilai gabungan + nilai prestasi = 245,00.

  63. Misal seseorang tinggal di Tridadi, Sleman sejak September 2019 sedangkan saya sebelumnya tinggal di Gejayan, Condongcatur, Depok..berarti KK saya dan anak adalah KK Tridadi, Sleman. Untuk PPDB ini bagaimana nasib anak saya? Lha KK saya Tridadi, Sleman sejak September 2019 tidak bisa masuk SMP di Kecamatan Sleman lewat jalur zonasi, sedangkan mendaftar SMP di Depok juga tidak bisa karena KK lama sudah ditarik..mohon solusi ..matur nuwun

    1. Penentuan 1 tahun adalah untuk menentukan Penduduk Sleman. Jika satu tahun lalu NIK sudah terdaftar sebagai Penduduk Sleman maka akan dinilai sebagai KK Sleman dalam zona ketika mendaftar di SMPN sesuai zona. Sedangkan untuk alamat domisili ditentukan berdasarkan yang tercantum di KK saat ini, maka yang digunakan adalah alamat di Tridadi Sleman.

  64. Siang,saya mau bertanya…
    Saya mau mendaftarkan anak saya smp melalui jalur zonasi wilayah…
    Juli tahun lalu anak saya pindah kk ikut dengan kk saya,tetapi dengan alamat kk yg sama,untuk kk belum ada 1 th apakah bisa mendaftar jalur zonasi wilayah,karna utk kk hanya pindah nomer kk saja dan utk alamat sama?terimakasih….

    1. Bisa apabila NIK anak sudah terdaftar di Kab Sleman satu tahun lalu meski dengan nomor KK lama. Jika ada pergantian nomor KK yang menjadikan tanggal KK belum 1 tahun, maka tetap diakui sebagai KK Sleman dalam zona apabila mendaftar di SMPN sesuai zona.

  65. nyuwun pangapunten, jika alamatnya beda? misal pindah dari berbah ke seyegan sebelum 1 tahun apakah masih bisa mendaftar lewat jalur zonasi?

    1. Karena NIK anak tersebut secara sistem sudah terdaftar di database Dukcapil Sleman 1 tahun lalu meski di Berbah, maka akan tetap terdaftar sebagai Penduduk Sleman dan bisa mendaftar melalui jalur zonasi berdasarkan alamat yang tercantum pada KK saat ini yaitu Seyegan.

  66. Maaf, Pak. Kalau jalur prestasi hanya memilih 1 sekolah tujuan bisa tdk? Trus nanti kalau tdk diterima, mendaftar lewat jalur zonasi wilayah dengan 3 skolah tujuan. Terimakasih

    1. Boleh, karena ketentuannya adalah memilih paling banyak 3 SMPN. Jika hanya menghendaki memilih 1 SMPN maka tidak masalah.

  67. Maksud saya, Sk mutasi ke wilayah Sleman atau DIY? Kebetulan ada yg mutasinya ke kota tp rmhnya di Sleman..
    Kalau tdk salah ketentuannya dari luar wilayah DIY ke wilayah DIY.. Mhn penjelasan..terima kasih.

    1. Jika KK Sleman, bisa mendaftar melalui jalur zonasi secara online melalui laman ppdb.slemankab.go.id pada tanggal 11-16 Juni 2020 (untuk SD), dan laman sleman.siap-ppdb.com (untuk SMP)
      Jika KK luar Sleman, bisa mendaftar melalui Jalur Prestasi ataupun Jalur Pindah Tugas Orang Tua
      Untuk detailnya bisa lihat pada Juknis Penerimaan Peserta Didik Baru di laman https://disdik.slemankab.go.id/

  68. Yth. Admin

    Ijin bertanya alamat Web utk penambahan nilai dimana?
    Sy coba alamat Web sesuai Juknis kok tidak bisa? apa blm tersedia?
    Terima kasih

    1. Pengajuan penambahan nilai prestasi akademik/non-akademik dilaksanakan mulai tanggal 2 Juni sampai dengan 6 Juni 2020 secara online melalui laman disdik.slemankab.go.id/tambahan-nilai atau bit.ly/prestasi-sleman

    1. Bisa jika memiliki nilai prestasi minimal 6. Jika tidak memiliki nilai prestasi secara sistem akan tertolak berdasarkan ketentuan juknis minimal 245 (bukan pembulatan).

  69. Assalamualaikum ww…
    Mohon ijin bertanya min…
    Saya tinggal di Balecatur Gamping. KK saya Sleman. Tetapi anak saya sekolah di SD muh Wibraga yg akan ndaftar SMP kemrin sempat pindah KK kota Yogya tetapi belum ada 1 thn. Karena aturan pindah KK min 1 thn, apakah bisa anak saya masuk ke SMP di Sleman lwt jalur zonasi wilayah karena ketika mengisi sensus penduduk online kemarin nama anak saya masih tercantum di Dukcapil Sleman di daftar KK lama saya. Mohon petunjuknya min…

    Oh iya kalau misal mau ikut ndaftar yg prestasi tetapi sertifikat penghargaannya yg menyelenggarakan Dinas kota dan juara 2 tingkat kota berarti tidak bisa dipakai di Sleman nggih?
    Matur nuwun

    1. Wa’alaikumsalam
      Pada jalur zonasi, alamat ditentukan berdasarkan alamat pada KK saat ini dan NIK anak telah terdaftar pada 1 tahun lalu.
      Jika KK saat ini KK luar Sleman, silahkan bisa mendaftar melalui Jalur Prestasi.

      1. Mohon maaf saya juga mau bertanya.. Kalau KK luar Sleman, kemudian mendaftar melalui jalur prestasi maka alamat yang diisikan pada formulir pendaftaran online alamat KK atau boleh alamat domisili?

  70. malam Min, sya mau menanyakan beberapa point terkait pendaftaran SD ke SMP
    1. Penentuan titik koordinat apakah bisa dibantu dr pihak panitia?
    2. Proses seleksi apakah dilihat dari titik koordinat domisili/melihat dan mengkaji hasil belajar anak (nilai)?
    3. Benarkah in hanya memilih satu sekolah saja?
    Terima kasih mohon pencerahannya

    1. 1. Pada jalur zonasi radius, penentuan titik koordinat ditentukan sesuai dengan alamat tempat tinggal berdasarkan KK. Silahkan untuk bisa meminta bantuan pendaftaran dengan operator SD. Panitia SMP nanti yang melakukan pengecekan titik koordinat.
      2. Jika masuk dalam radius sesuai ketentuan dan lolos verifikasi dan seleksi maka wajib diterima tanpa melihat nilai hasil belajar anak.
      3. Betul, zonasi radius hanya dapat memilih satu sekolah saja.

      1. Terima kasih Min,
        Mohon pencerahannya untuk implementasi kasusnya
        1.Dari beberapa jenis it berti pilih satu jalur saja ya?
        Atau misal kasus begini
        Pilih zonasi radius masuk tp tergeser dengan yg radius lebih dekat, apakah otomatis ke geser dengan jaluk zonasi wilayah atau langsung gugur ya?

        2. Proses seleksi pda tanggal 25-26 juni apakah dr pihak pendaftaran bisa cek/pantau pergerakan pendaftar dan posisi siswa d sekolah tersebut?

        3. Berkas daftar ulang apakah semuanya perlu ligalisir atau tidak? Atau nanti akan ada info baru lagi?

        Terima kasih sebelumnya, mohon pencerahannya 😀

        1. 1. Iya pilih satu jalur. Di sistem zonasi dengan masalah tersebut otomatis tergeser, karena jalur zonasi mengutamakan yang paling dekat dahulu.
          2. Bisa dilihat dengan akun yang digunakan untuk mendaftar.
          3. Untuk lebih amannya dilegalisir dan membawa berkas aslinya.

    1. Minggir, Sendangrejo
      Minggir, Sendangsari
      Seyegan, MArgoagung
      Seyegan, Margokaton
      Sleman, Caturharjo
      Tempel, Banyurejo
      Tempel, pondokrejo
      Tempel, Sumberejo
      Tempel, Tambakrejo

  71. Mohon informasinya apakah tidak ada sebaran Nilai Gabungan SD/MI yang Kab.Sleman Tahun 2019/2020.Terima kasih.

    1. Terkait sebaran nilai masih menunggu hasil validasi nilai rapor dari masing-masing SD/MI. Rabu akan kami upload di bit.ly/ppdb-sleman

  72. Mohon maaf ,apabila saya diringinsari maguwoharjo apakah bisa masukan anak Ke SD Model wedomartani ?

  73. Assalamu alaikum wr. wb.
    Setelah membaca juknis PPDB, saya mohon penjelasan apabila domisili beda dgn alamat KTP apakah boleh daftar zonasi sesuai domisili?
    Apabila diperbolehkan, apakah ada syarat tambahan? Hal ini mengingat SMP sangat dekat dgn domisili daripada SMP yg sesuai KTP.
    Demikian pertanyaan kami. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

    1. Wa’alaikumsalam..
      Jalur zonasi ditentukan berdasarkan domisili yaitu alamat tempat tinggal yang sah atau tertera dalam KK.
      Jika alamat tidak sesuai dengan yang tertera pada KK, calon peserta didik bisa mendaftar melalui jalur lainnya seperti prestasi, perpindahan tugas orang tua, afirmasi, maupun jalur ABK.

  74. Assalamualaikum ijin bertanya,,anak saya mau masuk SD jika ketika ol kami kesulitan apakah kami boleh langsung ke SD minta tolong op panitia ppdb

  75. Assalamualaikum ijin bertanya,,anak saya mau masuk SD jika ketika ol kami kesulitan apakah kami boleh langsung ke SD minta tolong op panitia ppdb

    1. Wa’alaikumsalam
      Kami sarankan bisa melakukan komunikasi melalui WA dengan pihak TK asal.
      Karena panitia/operator SD juga dalam posisi membantu siswa kelas 6 SDnya untuk masuk ke SMP.

  76. Assalamualaikum wrwb..
    Minta infonya, mengenai anak saya yg sejak kelas 5-6 sekolah di sragen. Tp sejak lahir hingga sekarang domisili masih di nogotirto gamping sleman.yg ingin saya tanyakan adalah jalur apa yg harus di ambil untuk masuk sekolah di sleman?
    Dan email yg untuk mendaftar apa bisa menggunakan email orang tua?

    1. Wa’alaikumsalam
      Pendafataran PPDB SMPN dilakukan secara online melalui laman: sleman.siap-ppdb.com
      Silahkan bisa mendaftarkan secara online melalui jalur zonasi wilayah pada tanggal 24-30 Juni 2020 pada SMP berikut:
      SMP Negeri 1 Gamping
      SMP Negeri 2 Gamping
      SMP Negeri 3 Gamping
      SMP Negeri 4 Gamping
      SMP Negeri 2 Godean
      SMP Negeri 3 Godean
      SMP Negeri 3 Mlati

      Tidak perlu menggunakan email untuk mendaftarkan, tinggal mengisikan NISN dan seluruh isian dalam formulir online serta mengupload dokumen yang diperlukan.

  77. Mohon informasinya Untuk PPDB SD untuk Formulir Perubahan Data NIK sudah sama dengan Identitas siswa apa harus ditulis lagi atau tidak.Terima Kasih

    1. Jika sudah sesuai dengan yang diinputkan oleh operator sekolah, maka tinggal mengisikan nomor kontak saja.
      Jika sudah diisi maka bisa melakukan latihan/simulasi pendaftaran ke SD yang diinginkan.
      Pada saat pendaftaran online dimulai semua simulasi pendaftaran akan dihapus dan silahkan untuk mendaftar secara online sesuai tanggal yaitu 11-16 Juni 2020.

    1. Nilai gabungan akan dibuatkan oleh masing-masing SD/MI. Akan dibagikan pada saat kelulusan tanggal 15 Juni 2020.

  78. mohon informasinya,
    jika melalui jalur prestasi kita diterima
    lalu pengin ikut jalur zonasi smp lain (pindah) apakah bisa?

    1. Tidak diperbolehkan, dan secara sistem akun siswa akan dikunci untuk tidak bisa mendaftar lagi.
      Silahkan pilih SMPN yang betul-betul diminati ketika memilih Jalur Prestasi, bisa memilih hanya satu sekolah saja.

      1. Seandainya, diterima jalur zona prestasi sleman. Trs kita coba daftar japres kota dan diterima. Apakah bisa kita pilih yg kota?

        Mohon informasinya

        1. Prinsipnya bisa apabila waktu pendaftaran berebda, hanya saja disarankan memilih salah satu karena memebri kesempatan calon peserta didik lainnya.

  79. Assalamualaikum min.
    Maaf saya mau tanya: c1 saya dan anak saya di kel:caturtungal kec:depok kab sleman.saya bekerja di TANGERANG.
    Anak saya tinggal sama embahnya di kec.godean kel:sidomulyo.rumah bapak saya dekat dengan SMPN 1 MLATI.
    apakah anak saya bisa masuk ke SMPN 1 MLATI?? Dg C1 anak saya yg di kec: depok
    Kalau anak saya bisa mendaftar di SMPN 1 MLATI sebaiknya JALUR APA ??
    Zonasi wilayah atau zonasi radius?
    Terimakasih

    1. Wa’alaikumsalam
      Apabila KK di Caturtunggal Depok bisa mendaftar melalui Jalur Zonasi wilayah di SMP Berikut ini:
      SMP Negeri 1 Depok
      SMP Negeri 2 Depok
      SMP Negeri 3 Depok
      SMP Negeri 4 Depok
      SMP Negeri 5 Depok
      SMP Negeri 2 Mlati

      Apabila memilih mendaftar di SMP Negeri 1 Mlati silahkan menggunakan Jalur Prestasi.

  80. Selamat pagi. Apakah kita bisa mendapatkan sebaran nilai rata-rata rapor 4 tahun di kabupaten sleman ? Hal ini akan sangat membantu untuk menentukan pemilihan jalur ppdb. Terima kasih

    1. Untuk rata-rata nilai rapor 4 tahun se-DIY dapat diunduh di bit.ly/ppdb-sleman pada folder PPDB SMP.
      Untuk sebaran nilai rapor 5 semester masih divalidasi oleh pihak SD/MI masing-masing, hasil akan diupload pada hari Rabu, 3 Juni 2020 apabila seluruh SD/MI sudah mengirimkan hasil validasi.

  81. Jadi ketika mendaftar online ppdb smp tanggal 2-6 juni 2020, pada saat pengajuan onlinenya hanya melampirkan 1 sertifikat saja? Atau melampirkan 2 sertifikat atau lebih, dan dari disdik yang mengesahkan salah satu sertifikat yang akan digunakan sebagai sertifikat prestasi yang sah?
    Mohon penjelasannya..

    1. Pada saat pengajuan pendaftaran tambah nilai prestasi akan diminta untuk upload 1 sertifikat saja, yang paling tinggi nilainya sesuai ketentuan pada Juknis lampiran VI.

  82. Selamat siang..mohon maat mau tanya.
    Utk tampilan penerimaan siswa baru utk SD di sleman..sya coba cek2 ada user name nya minta alamat email (@..)..sedangkan no NISN kayaknya..angka.. ya Min? Atau nanti pas tgl 2 juni..setelah diaktifkan username nya yang diminta Angka..bukan alamat email ?

    Mohon infonya..
    Terima kasih

    1. Untuk pendaftaran di SD Negeri Sleman silahkan kunjungi laman ppdb.slemankab.go.id
      Login menggunakan username: NISN@ppdb.go.id, password: ddmmyyyy (tanggal lahir).
      Buku panduan dalap diunduh melalui bit.ly/ppdb-sleman pada folder PPDB SD

      1. Selamat siang, untuk pendaftaran SMP Negeri, login menggunakan apa ya, username dan password, sebab sy sulit menemukan lampiran V Juknisnya

    1. Nilai gabungan = nilai hasil belajar (rapor 5 semester) x 80% + rata2 nilai USBN SD 4 tahun x 20%
      untuk melihat rata2 nilai USBN SD 4 tahun unduh melalui bit.ly/ppdb-sleman pada folder PPDB SMP.

  83. Yth. Admin
    Anak saya KK Sleman, bila diterima di jalur prestasi di SMP Sleman, apakah masih bisa mendaftar di jalur prestasi di SMP Kota Yogyakarta ?

    1. Jika sudah diterima di jalur prestasi SMP di Sleman maka wajib untuk daftar ulang di sekolah tujuan pada tanggal 24 Juni 2020.
      Jika tidak mendaftar ulang pada tanggal tersebut maka hasil penerimaan akan dibatalkan dan kuoata akan dialihkan ke jalur zonasi wilayah.

  84. Mohon Pencerahannya.Apabila daftar Jalur Prestasi tidak diterima apa setelah itu apakah masih bisa daftar Zonasi Radius.Karena pengumuman hasil jalur Prestasi tgl 24 Juni 2020.Padahal untuk pendaftaran Zonasi radius 19 – 25 Juni 2020.Sehingga umpama tidak diterima maka tanggal 25 Juni 2020 daftar jalur zonasi radius.Terima kasih.

  85. Tempat tinggal kami dekat sekali dg SMP negeri, tp kami pindahan dg KK baru bulan Sept 2019.

    Apakah dimungkinkan dengan jalur zonasi?

    1. Untuk pendaftaran jalur zonasi jika KK Sleman namun belum satu tahun akan dianggap sebagai pendaftar dari luar zonasi, dan secara peringkat akan diurutkan setelah pendaftar jalur zonasi.
      Kami sarankan untuk mendaftar pada Jalur prestasi apabila memiliki nilai minimal 245,00.

  86. Selamat siang admin,
    Sy ada 2 pertanyaan :
    1. Anak saya lulusan sd di kota yogya tetapi KK sleman hendak mendaftarkan smp negeri di sleman. Apakah tetap harus melampirkan surat keterangan nilai rata rata ujian SD yg dikeluarkan oleh sekolah asal pada saat pendaftaran?
    2. Sebelum melakukan pendaftaran apakah harus membuat akun terlebih dahulu seperti saat pendaftaran smp negeri di yogya yg sdh dimulai tgl 1 juni?

    Terima kasih

    1. Selamat siang,
      1. Bagi siswa lulusan SD/MI se-DIY tidak perlu melampirkan surat rata2 USBN 4 tahun, karena data sudah kami dapatkan. Untuk mengecek nilai USBN SD/MI se-DIY silahkan unduh melalui tautan pada juknis di atas atau melalui bit.ly/ppdb-sleman.
      2. Tidak perlu mendaftarkan akun, tinggal mengisikan NISN dan isian lain yang tertera pada formulir online pada saat pengajuan pendaftaran.

  87. Selamat malam..
    Saya rencananya mau pulang kampung
    Anak saya menyelesaikan pendidikan SD y di kota Palembang Sumatera Selatan.
    Terus melanjutkan SMP ke SMP 2berbah di daerah Sleman
    Mohon petunjuk y persyaratan y apa saja dan jalur PPDB mana yang harus di pilih?
    Atas perhatian y kami ucapkan terima kasih

    1. Jika KK Anak adalah KK Sleman bisa daftar ke jalur zonasi.
      Jika KK Anak adalah KK Palembang silahkan daftar jalur prestasi.

    2. Selamat pagi …
      Klu saya pilih jalur prestasi
      Saya mau tanya untuk persyaratan KK y
      Apakah pakai KK yg di Palembang atau pakai surat domisili
      Seandainya apabila anak kami di terima di SMP tersebut
      Untuk daftar ulang apakah surat domisili bisa untuk pengganti persyaratan KK y
      Soalnya saya masih bingung dengan persyaratan KK di waktu daftar ulang
      Untuk saat ini saya sama keluarga masih di Palembang
      Mohon info y
      Terima kasih

      1. Tetap menggunakan KK asli (Palembang), karena pada jalur prestasi juga memberi kesempatan KK diluar Sleman dengan presentase 25 % KK Sleman dan 5 % KK luar Sleman.

        1. Mohon maaf saya mau bertanya.. Apabila siswa dari KK luar Sleman, dan akan mendaftar SMP melalui jalur prestasi maka alamat yg harus diisikan saat mengisi formulir pendaftaran alamat KK atau domisili nggih? Maturnuwu

    1. Apabila memenuhi ketentuan sebetulnya bisa, akan tetapi jadwalnya tidak bersamaan. Karena jika diterima di kedua SMP Kota dan Sleman, maka akan menghambat kesempatan siswa lain untuk dapat diterima di sekolah tujuan tersebut.

  88. yang termasuk tambahan nilai untuk prestasi itu piagam tertentu atau ranking nilai dikelas pak, trus untuk minta keterangan tambahan nilai lewat apa (online atau manual pak. terimakasih

    1. NIlai prestasi ditentukan berdasarkan kejuaraan/lomba sesuai ketentuan pada Juknis Lampiran VI.
      Pengajuannya dilakukan secara online melalui tautan: bit.ly/prestasi-sleman

  89. Apakah bisa mendaftar di SMPN yg berbeda dg zona wilayah di KK. Misal di wilayah Banyuraden gamping mau daftar di SMPN 1 Godean. Mohon infonya

    1. Untuk pendaftaran bisa menggunakan Jalur Prestasi.
      Jika mendaftar di Jalur Zonasi Wilayah akan diurutkan berdasarkan zona terlebih dahulu sehingga peluang KK Luar Zona untuk masuk dalam daftar seleksi sangat rendah.

    1. Silahkan memilih paling banyak 3 SMPN dari daftar berikut:
      SMP Negeri 2 Gamping
      SMP Negeri 1 Mlati
      SMP Negeri 2 Mlati
      SMP Negeri 3 Mlati
      SMP Negeri 1 Ngaglik
      SMP Negeri 4 Ngaglik
      SMP Negeri 1 Sleman
      SMP Negeri 2 Sleman
      SMP Negeri 3 Sleman
      SMP Negeri 5 Sleman

  90. Assalamualaikum
    Maaf saya mau nanya,saya baru pindah rumah dan otomatis pindah KK dari Sinduadi Mlati Sleman ke wilayah Sidomoyo Godean Sleman per bulan Agustus 2019.(sesuai KK baru)
    Jika saya mau daftarkan anak saya di SMP sekitar Godean selain jalur prestasi bagaiman caranya?
    Karena sesuai Juknis harus memasukkan jpeg KK maka saya kan pakenya KK yang Godean,namun sesuai Juknis pula pengambilan data KK resmi paling akhir 1 Juli 2019…?
    Mohon pencerahannya?

    1. Apabila NIK sudah terdaftar di Dukcapil Sleman sejak sebelum Juli 2019, maka bisa mengikuti jalur zonasi dengan alamat sesuai yang tercantum dalam KK saat ini yaitu alamat di Sidomoyo Godean dengan pilihan paling banyak 3 SMPN dari daftar berikut:
      SMP Negeri 2 Gamping
      SMP Negeri 3 Gamping
      SMP Negeri 1 Godean
      SMP Negeri 2 Godean
      SMP Negeri 3 Godean
      SMP Negeri 1 Mlati
      SMP Negeri 3 Mlati

  91. Siang Min ..klo yg jalur prestasi yg nilai gabungan sudah lebih dr 245 dan tidak memiliki dokumen .bisa daftar..Perlu daftar yg penambahan nilai ngk yg tgl 2-6 juni? Atau langsung bisa daftar pada tgl 17-22 juni? Mohon penjelasannya min..trimakasiih

    1. Boleh, silahkan langsung daftar online melalui laman sleman.siap-ppdb.com pada tanggal 17-22 Juni 2020.

  92. Kalau sari luar kab sleman syarat2nya apa saja? apakah perlu legalisir dari dukcapil daerah asal.terimakasih

    1. Tidak perlu cukup menunjukkan KK asli pada saat daftar ulang untuk jenjang SD, dan upload KK Asli pada saat mendaftar untuk jenjang SMP.

  93. Assalamu’alaikum…selmat malam..
    mohon maaf di portal ppdb online belum tercantum bagaimana cara kita calon siswa untuk mendapatkan username dan password..
    karna hal itu dibutuhkan untuk bisa mendaftar di sekolah yg kita tuju..
    kalau di kota Jogja sdh ada untuk membuat akun calon siswa..
    mohon pencerahannya..
    wassalamu’alaikum..

    1. Wa’alaikumsalam
      Untuk login menggunakan username dan password, username diisi dengan NISN anak (yang didapat dari sekolah asal) dan password diisi dengan tanggal lahir anak (2 digit tanggal, 2 digit bulan, dan 4 digit tahun kelahiran)

  94. Selamat Pagi,
    Dalam PPDB SD Lampiran V tentang Tata cara Perolehan Ussername dan Password ada penjelasan Orang tua/wali wajib mengganti password pada saat pertama kali akses.Ini maksudnya bagaimana ya?Apa setelah kita login yang pertama kali untuk validasi data kemudian kita logout tapi kemudian kita ingin login lagi untuk latihan mendaftar kita harus ganti password nya?Kalau seperti ini yang dimaksud bagaimana proses penggantian passwordnya?Mohon pencerahannya.Matur Nuwun.

    1. Kami sarankan untuk diganti paswword saja, karena demi keamanan data dan akun. Untuk mengganti password langsung bisa dilakukan pada saat pertama kali akses. Prosesnya ganti password silahkan login dan ada menu ganti password.

  95. Assalamu’alaikum…pagi..
    Untuk ppdb smp di sleman apakah juga ada proses aktivasi dan login seperti kota ? jika ada di tanggal berapakah itu ?

    1. Pada PPDB saat ini memang harus login dan aktivasi dahulu, kemudian dapat mengakses laman https://sleman.siap-ppdb.com. Untuk tanggal pendaftaran jenjang SMP jalur zonasi dimulai tanggal 19 Juni 2020, jalur ABK dimulai tanggal 24 Juni 2020, jalur afirmasi dumulai tanggal 25 Juni 2020, jalur pindah tugas dimulai tanggal 19 Juni 2020, dan jalur prestasi dimulai tanggal 24 Juni 2020. Untuk lebih jelasnya silahkan akses https://disdik.slemankab.go.id/ppdb/.

        1. Untuk aktivasi tidak ada, karena ketika akan mendaftar calon siswa langsung bisa menggunakan NISN dan password tanggal bulan dan tahun lahir untuk login.

      1. Maaf, untuk login dan aktivasi kapankah ? ataukah bersamaan dengan tanggal pendaftaran ? mohon pencerahannya…tks

  96. Saya kk di kadisono berbah sleman. Pengen daftar ke smpn berbah 2, pakai zonasi radius atau zonasi wilayah min…

  97. Yth. Admin,
    Maaf mau nanya saya mau mendaftarkan anak saya ke SMPN Sleman via jalur perpindahan tugas orangtua dari Cimahi Bandung, syarat2nya apa saja ya ? Dan web sitenya apa ya ? Kalau utk loginnya juga menggunakan NIS sekolah SD asal ?
    Terima kasih sebelumnya

    1. Syaratnya cukup menggunakan surat pindah tugas orang tua apabila orangtua pindah tugas di sekolah tersebut berkedudukan sebagai guru atau kepala sekolah. Login dengan NISN siswa di laman sleman.siap-ppdb.com.

  98. Selamat Siang
    Kami sudah validasi mandiri dan sudah ganti password.Kemudian kami logout dan login kembali untuk mencoba latihan pendaftaran dan berhasil.Berarti kami disini sudah selesai untuk Tahap Validasi datanya ya dan tinggal tunggu tanggal pendaftaran.Mohon penjelasannya.Terima kasih

  99. Mau tanya kalau Nilai Akhir sd kota jogja dasar perhitungan persentasenya 60%nem + 40%indek sekolah kalau mau masuk smp sleman apakah dasar perhitungan dirubah dulu jadi 80%nem + 20%rata2usbn atau dari Nilai Akhir x3
    mohon infonya.

      1. untuk jalur baru mau menentukan jika jawaban pertanyaan ini sdh ada, karena info ini sangat menentukan apakah lewat jalur prestasi atau jalur zona wilayah.

        1. Jalur prestasi tersedia untuk masuk jenjang SMP. Untuk KK yang sudah Sleman bisa mendaftar dengan menggunakan zona wilayah apabila ingin mendaftar sekolah di Sleman.

    1. Pertanyaan yg ini belum terjawab, masuk smp sleman menjadi bagaimana perhitungan nilainya kalau dari sd kota? istilah sd kota adalah Nilai Akhir,dimana komposisi perhitungan persennya beda dengan sleman. Apakah sd kota asal sekolah bisa menerbitkan Nilai Gabungan yang menjadi syarat masuk smp sleman?

      1. Untuk masalah ini belum ditentukan pasti, masih dipertimbangkan lagi. Silahkan hubungi kembali setelah hari rabu.

  100. Assalamu’alaikum
    Anak kami dari SD Kita , KK atau NIK kami Sleman – tepatnya di Padukuhan Kayen Condongcatur Depok Sleman . Mau mendaftar SMP di wil Condongcatur Depok. Bagaimana cara kami mendapatkan akun pendaftaran..?Mohon pencerahannya… terimakasih

  101. Selamat sore. Izin bertanya. Jika KK anak saya di sleman (kecamatan sama dengan smp tujuan, dan masuk zonasi wilayah) tetapi belum genap 1 tahun (baru 6 bulan) dan KK sebelumnya juga di sleman (kecamatan berbeda dengan smp tujuan tetapi masih masuk dalam zonasi wilayah smp tujuan) bagaimana nggih, apakah masih bisa ikut jalur zonasi wilayah? (Karna kk sebelumnya juga di sleman dan masuk zonasi wilayah smp tujuan)

      1. Berarti klo sdh daftar zonasi wilayah di smp sleman dan ketrima..stl diverifikasi oleh smp yg bersangkutan sdh tidak dpt daftar di sekolah lain ya ?

        1. Sebenarnya bisa saja, tetapi memberi kesempatan calon peserta didik baru lainnya yang ingin mendaftar di sekolah yang sama.

  102. Salam sehat,
    Yth. Admin
    Domisili kami sesuai KK berada di Padukuhan yg sama dengan alamat SMP. Namun demukian berada lebih 20an meter dari 300 meter ketentuan. Jalur apa yg hrs kami tempuh? Atau apa sebaiknya kami harus lakukan? Terimakasih.

    1. Untuk jenjang SMP jalur zonasi radius 300 m apabila padat penduduk dan 600 m apabila tidak padat penduduk.

        1. Bisa jika KK Sleman dan berdekatan dengan letak sekolah dengan jarak 300 m (padat penduduk) dan 600 m (tidak padat penduduk) pada zonasi radius. Untuk diluar jarak tersebut masuk zonasi wilayah.

  103. Jika validasi data sudah sesuai dengan yg dientry sekolah/tk asal, apakah perlu untuk mengklik simpan perubahan?
    Trmksh

    1. Setiap pendaftar perlu melihat dahulu untuk memastikan kebenaran data, maka ketika mengakses tetap klik simpan perubahan.

  104. Maaf min ijin bertanya, untuk ppdb sma d mana ya info Dan jadwalnya, karna setelah saya cari saya tidak dapat info. Moho penjelasanny 🙏

    1. Untuk jenjang SMA/K sederajat silahkan akses dikpora.jogjaprov,go,id karena semua sudah di akses disana.

  105. untuk login mau daftar SD sdh pakai NISN dan tanggal lahir masih nggak mau
    klo menghubungi. ke admin SD atau admin TK nggih

  106. Selamat malam, sya mau tanya pak.
    saya mau mendaftarkan keponakan saya dengan KK sleman per Januari 2020 itu berarti tidak bisa memakai jalur zonasi ya,utk daftar di SMP sleman? kalau bisa di jalur prestasi utk nilai 245 itu gabungan dr nilai apa? tanggal pendaftaran jalur zonasi kapan, jalur prestasi kapan?
    terima kasih

    1. JIka KK belum ada setahun di Sleman, maka tidak bisa mendaftar melalui jalur zonasi. Untuk jalur prestasi gabungan nilai Matematika, Ipa dan Bahasa Indonseia dari semester 4 gasal sampai semester 6 gasal (5 semester). Jalur zonasi pendaftaran ditanggal 19 Juni -26 Juni 2020. Sedangkan untuk jalur prestasi ditanggal 24 Juni – 1 Juli 2020.

      1. JIka KK belum ada setahun di Sleman, maka tidak bisa mendaftar melalui jalur zonasi. Untuk jalur prestasi gabungan nilai Matematika, Ipa dan Bahasa Indonseia dari semester 4 gasal sampai semester 6 gasal (5 semester). Jalur zonasi pendaftaran ditanggal 19 Juni -26 Juni 2020. Sedangkan untuk jalur prestasi ditanggal 24 Juni – 1 Juli 2020.

        pernyataan admin 3 juni diatas kok berbeda dengan jadwal pelaksanaan PPDB jalur zonasi dan jalur prestasi SMP yang kami unduh hal. 17
        dimana disebutkan :
        – untuk pelaksanaan pendaftaran & upload dokumen jalur prestasi dimulai pada tanggal 17 s.d 22 juni.
        – untuk pelaksanaan pendaftaran & upload dokumen jalur zonasi wilayah dimulai tanggal 24 s.d 30 juni.

        mohon informasi selengkapnya

  107. Saya alamat kk di kadisono berbah kalo diukur google map jarak 575m dan pengen daftar ke smpn 2 berbah. Kira kira pakai zonasi radius bisa mboten?dan seandainya zonasi radius tidak diterima bisa nggak ikut lagi ke zonasi wilayah?🙏

    1. Apabila jarak 575 m dari sekolah tersebut, maka dapat mengikuti jalur zonasi radius. Ketika tidak lolos maka otomatis masuk zona wilayah.

  108. Selamat Siang
    Mohon pencerahannya Untuk PPDB SD setelah Validasi kami sudah mencoba latihan untuk melakukan Pendaftaran dan berhasil termasuk skor yang ada.Apakah benar skor yang dipakai nantinya seperti itu.Kalau kami tidak salah hitung itu usia dikonversi ke hari plus poin Zonasi.Apakah latihann pendaftaran ini akan dibersihkan saat Pendaftaran Tgl 11 – 16 Juni 2020 nanti.Matur nuwun.

  109. Dear Admin….Mohon infonya mulai tgl berapa nggih laman Sleman siap ppdb 2020 bisa diakses utk pedaftaran….Matur Nuwun🙏🙏🙏

  110. Slmt siang bpk/ ibu admin. Mengenai pengecekan data kependudukan, mengapa sampai saat ini tidak bisa dibuka,, padahal dijadwal diinfirmasikan tgl 2-5 juni 2020 pengecekan data kependudukan. Saya mohon dengan sangat ….bgmn cara pengecekkannya,,,pdhl sdh melalu laman ppdb.jogjaprov.go.id.

    Terimakasih

          1. Mhn maaf admin, setelah saya buka pd laman https://dukcapil.go.id untuk pengecekN data,,yang muncul kok artikel2 ….mungkin ada web khusus untuk pengecekan data kependudukan . Apalgi disaat2 ppdb sprt ini,,sangatlah diperlukan. Terimaksih jawaban yg diberikan.

      1. Baik. Terimaksih.

        Mhn maaf apakah betul untuk pengecekan data kependudukan jenjang SMA/ SMK diperpanjang sampai 10 juni 2020. Terimaksih atas jawaban yang diberikan.

  111. Selamat siang bapak/ibu
    saya mau tanya yang perlu di upload dokumen apa saja ya
    anak saya mau daftar smp negeri di Sleman. terimakasih

  112. Th 2012 kami mengurus KK dari kota ke sleman krn domisili kami Sleman. Th 2014 kami/ortu tetap sleman, tapi anak pindah KK kota ikut eyang krn anak2 sekolah di wilayah kota. Bulan Sept 2019 kami menarik anak2 kami utk masuk kembali di KK sleman..Bisakah anak kami mendaftar lwt jalur zonasi?

    1. Berarti KK tetap belum ada setahun meskipun sebelumnya sudah pernah KK di Sleman karena pindah KK di kota, sehingga tidak bisa melalui jalur zonasi. Silahkan melalui jalur prestasi (khusus jenjang SMP) dan jalur luring (apabila kuota sekolah tujuang belum terpenuhi untuk jenjang SD dan SMP).

        1. Bukan, itu jalur tersendiri khusus calon peserta didik yang belum mendapatkan sekolah. Biasanya jalur ini dilakukan oleh sekolah yang kuota belum terpenuhi.

  113. Maaf,anak saya dari Prambanan Klaten.Rencana mau daftar SMP sleman lewat jalur prestasi.Perlukah surat rekomendasi dari dinas pendidikan Klaten.

    1. Tidak perlu, karena jalur prestasi diberikan kuota paling banyak 5 % bagi calon peserta didik yang KK luar Sleman. Selain minimal nilai gabungan 245, dapat mengajukan penambahan nilai apabila memiliki prestasi dengan mengirim bukti prestasi di bit.ly/prestasi-sleman

  114. Assalamu’ alaikum..,maaf mau tanya, untuk pengajuan penambahan nilai jalur prestasi olahraga, apakah sertifikat di luar dari dinas, seumpama ivent setara nasional seperti YKTC dapat di ajukan sebagai syarat penambahan nilai?

    1. Silahkan untuk mencermati kembali lampiran 6 di juknis PPDB jenjang SMP untuk mengetahui kategori lomba, apabila masih bingung silahkan kirim bukti prestasi di bit.ly/prestasi-sleman

  115. Assalamualaikum.wr.wb.
    Mohon infonya…ini siswa dari MIN tidak bisa verifikasi data di ppdb.slemankab.go.id
    Keterangan yg muncul password dan username tdk terdaftar padahal sudah memasukkan NISN dan tgl lahir sesuai edaran dr dinas..
    mohon solusinya…terima kasih..

    1. Untuk pendaftaran jenjang apa? karena resert password saat ini hanya bisa dilakukan untuk masuk jenjang SD negeri saja. Untuk jenjang SMP belum dapat dilakukan.

  116. Selamat malam pak, mohon maaf saya mendaftarkan anak kami yang sekolah di RA mau masuk SD Negeri. Setelah selesai mengisi registrasi kami lupa menyimpan username dan passwordnya. Anak kami juga belum memiliki NISN. Mohon pencerahannya pak. terima kasih

    1. Silahkan kirim NISN, Nama lengkap dan TTL ke nomor wa tim PPBD 085155155744 untuk melakukan resert password.

        1. Monggo buka laman https://ppdb.slemankab.go.id/ kemudian klik daftar disini. Ketika buka laman login pendaftaran online silahkan registrasi di bagian paling bawah. Ada 2 pilihan, Bisa registrasi untuk pembuatan NISN jika tidak bersekolah PAUD dan pembuatan NISN jika dari RA.

  117. Saya mau tanya untuk mengetahui username dan password bagi anak kami yang bersekolah di RA mau masuk SD Negeri bagaimana ya? Tadi kami sudah registrasi dan berhasil, tapi lupa menyimpan username dan passwordnya. Anak kami juga belum memiliki NISN. Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    1. Silahkan kirim NISN, nama lengkap, dan TTL di no wa tim PPDB 085155155744 untuk melakukan resert password.

  118. Mohon info,
    (1). apakah jika nilai gabungan lebih dari 245 dapat mendaftar jalur prestasi di SMP dalam zonasi siswa bersangkutan ? atau harus di SMP di luar zonasi nya ?
    (2). untuk pendaftaran zonasi wilayah, apakah nilai tambahan prestasi digunakan pada perhitungan nilai gabungan ?
    Matur nuwun

    1. 1. Bisa, silahkan menggunakan jalur prestasi.
      2. Untuk zonasi wilayah sendiri sudah mendapatkan point tambahan dengan gabungan nilai calon siswa.

      1. 2. Untuk zonasi wilayah sendiri sudah mendapatkan point tambahan dengan gabungan nilai calon siswa.

        maksudnya point spt diatas berapa nilainya jika satu zonasi dengan sekolah tujuan dan berapa diluar zonasi..
        matur suwun mohon penjelasannya….

        1. a. mendapat poin zonasi 300 (tiga ratus) atau setara 10 (sepuluh) bulan
          bagi yang berdomisili dalam zona 1 (satu) yaitu dalam satu
          padukuhan yang sama dengan lokasi SD atau bertempat tinggal di
          Asrama TNI/POLRI terdekat dengan lokasi SD;
          b. mendapat poin zonasi 180 (seratus delapan puluh) atau setara
          6 (enam) bulan bagi yang berdomisili dalam zona 2 (dua) yaitu dalam
          kumpulan padukuhan terdekat sesuai dengan ketentuan
          sebagaimana tercantum dalam Lampiran IV;
          c. mendapat poin zonasi 120 (seratus dua puluh) atau setara
          4 (empat) bulan bagi yang berdomisili dalam zona 3 (tiga) yaitu dalam
          wilayah administrasi Desa yang sama dengan lokasi SD;
          d. mendapat poin zonasi 60 (enam puluh) atau setara 2 (dua) bulan bagi
          yang berdomisili dalam zona 4 (empat) yaitu dalam wilayah
          administrasi Kecamatan yang sama dengan lokasi SD;
          e. tidak mendapat poin bagi yang berdomisili dalam zona 5 (lima) yaitu
          di luar zona 1, 2, 3, dan 4 dalam Kabupaten Sleman.
          .
          lengkapnya buka juknis PPDB nggih yang jenjang SD. Point di atas akan ditambahkan dengan skor akhir calon siswa yang sudah mendaftar di sekolah tujuan.

          1. Apakah nilai point spt yang tercantum diatas (300 point untuk zona 1, 180 point untuk zona 2…. dst) sama juga untuk penilaian PPDB SMP (masuk ke SMP)?

            Jika berbeda sistem pointnya seperti apa bentuknya?
            terima kasih sebelumnya….

          2. Untuk khusus jenjang SD saja nggih. Untuk jenjang SMP tidak ada point, hanya saja prinsipnya yang lebih dekat dengan sekolah akan lebih besar diterimanya.

    1. Apabila jarak sekolah dengan alamat KK dekat bisa menggunakan nilai gabungan dan point tambahan jalur zonasi.

        1. Jadi di jalur zonasi ada nilai atau point tambahan bagi calon peserta didik yang KK disekitar sekolah tujuan (jenjang SD).

  119. Mohon pencerahannya, jika calon siswa dari Prambanan Klaten mau daftar SMP wilayah Sleman melalui jalur prestasi.apakah perlu surat rekomendasi dari dinas pendidikan Klaten tertuju ke dinas pendidikan sleman?

  120. Apakah jumlah dan nilai gabungan pendaftar jalur prestasi pada smp tertentu akan terlihat pada aplikasi ppdb online pada hari pertama sd hari terakhir masa pendaftaran?

  121. Assalamu’alaikum….selamat pagi…
    Terkait nilai gabungan untuk masuk jenjang SMP ppdb sleman, jadinya keputusannya bagaimana njih ?
    tks…

  122. Selamat Pagi.Matur nuwun untuk Nilai Sebaran Gabungan sehingga dapat untuk pertimbangan menentukan pilihan ke SMPN.

  123. Kami sdh menetap di jogja dr 2005 tp KK Sleman baru masuk Des’19 apakah tettap tdk bisa utk mendaftar SMP negri jalur zonasi?

    1. Tidak bisa bu karena belum ada setahun, karena berdasarkan data KK tersebut. Silahkan melalui jalur prestasi (25 % kk Sleman) dan jalur luring (apabila kuota peserta diidk belum terpenuhi di sekolah tujuan).

  124. Halo admin, saya hendak mendaftarkan sertifikat/penghargaan di bidang seni untuk tambahan nilai pada jalur prestasi. Namun, pada saat mengunggah file kenapa keterangannya “server rejected” lalu saya harus mengunggah lagi, namun tetap gagal. Bagaimana nggih? Mengingat hari ini (Sabtu, 7 Juni 2020) merupakan batas unggah sertifikat prestasi. Di sisi lain, saya juga tidak bisa datang ke disdik langsung karena Hari Sabtu tidak ada jam pelayanannya. Mohon bantuannya min. Terimakasih

  125. Saya mengajukan penambahan nilai untuk prestasi kok sampai hari ini belum ada konfirmasi .
    Penambahan nilai prestasi (UDG) Utsawa Dharma Ghita. Saya kemarin tanggal 3 Juni sudah ke dinas sampai sekarang belum ada konfirmasi.

    1. Mohon ditunggu nggih, ini sudah selesai dan sedang discan. Nanti akan dikonfirmasi melalui email ppdb sleman.

  126. Apakah penambahan nilai prestasi hanya dapat digunakan mendaftar dari jalur prestasi, untuk jalur zonasi tidak dapat terpakai ?

  127. saya warga sleman terdaftar sejak september 2019. data anak sudah masuk di ppdb dan sudah terverikasi, apakah tetap tidak bisa digunakan untuk mendaftar melalui jalur zonasi wilayah?

    1. Jika sebelumnya KK luar Sleman, maka tidak bisa karena belum ada setahun. Jika KK Sleman sebelumnya dan itu KK yang diperbarui, maka dapat mengikuti sistem zonasi karena database KK di Sleman.

  128. Assalamuallaikum admin….nyuwun priso..untuk ppdb 2020 ini semisal via jalur prestasi kita pilih SMP A dan SMP B …jika nilai kita tersisih di SMP A
    apakah otomatis langsung kita bisa masuk di SMP B yang ternyata nilainya masuk dalam kreteria SMP B tersebut

    1. Bisa saja begitu, tetapi jika sekolah pilihan ke dua (B) standarnya lebih tnggi dari sekolah pilihan pertama (A) maka kemungkinan tidak diterima di sekolah tersebut. Tergantung standar dan peminat sekolah juga nggih.

  129. Selamat pagi, mohon pencerahan nya
    Nila 217, alamat KK caturtunggal,
    Strategi pendaftarannya
    SMP Depok 5 tahun lalu terendah 221
    Apakah peluanhnya bisa masuk Smp ngaglik 1 dengan data terendah tahun lalu ngaglik 1 190 dengan alamat caturtungal ( keluar zona)
    Trimakasih sebelimnya

    1. Prinsip sistem zonasi, apabila alamat KK dengan sekolah semakin dekat maka kesempatan keterima semakin besar.

      1. Apakah prinsip yang dijelaskan mas admin ini juga berlaku untuk zonasi wilayah (bukan zonasi radius)? Padahal penentuan seleksi didasarkan pada:
        1. zonasi sesuai ketentuan
        2. nilai gabungan
        3. urutan pilihan
        4. pendaftar lebih awal
        Apakah yang dimaksud poin 1 diatas dekat2 jarak domisili dan sekolah? Mohon penjelasan.

          1. Bisa lebih spesific Min. Saya minta penegasan untuk zonasi wilayah saja. Contoh kasus siswa X dan siswa Y sama2 memilih SMP A.
            Siswa X nilai gabungan 230, jarak domisili 2 km
            Siswa Y nilai gabungan 260, jarak domisili 4 km
            Apakah itu berarti kesempatan siswa X untuk diterima lebih besar dari siswa Y?

  130. Mohon infonya, jika KK Sleman (Sidomoyo) kmudian domisili skrg di Ngestiharjo, Bantul..di SMP Negeri manakah yg terdekat dr rumah tinggal kami?
    Dan mendaftar jalur apa yg disarankan?
    Terima kasih..

  131. Assalamu’alaikum,..
    mohon infonya, apabila kita daftar dengan sistem zona wilayah, peringkat untuk diterima itu didasarkan pada nilai gabungan dari seluruh pendaftar yg masuk wilayah tsb atau terlebih dulu didasarkan pada jarak rumah pendaftar dengan sekolah baru dirangking berdasarkan nilai gabungan dari pendaftar yang masuk wilayah tsb atau bagaimana ?…tks

      1. Mohon penjelasan Min,
        1. Maksudnya jarak disini adalah jarak udara (jarak garis lurus antara dua titik)?
        2. Apakah saat pendaftaran kita juga diminta mengisi titik lokasi domisili?

  132. Untuk KK Sleman kurang dr 1 th, apakah tdk ada kesempatan lain, selain jalur prestasi.. Pdhl jalur prestasi slh satunya jg dibatasi dg nilai yg didasarkan dr nilai raport dg latar belakang KKM yg blm pasti sama standar msg2 sekolah.
    Mohon dipertimbangkan nasib pemegang KK Sleman krg dari 1 Juli 2019.

    1. Untuk KK diluar Sleman saat ini memang harus mengikuti kebijakan tersebut. Untuk masuk jenjang SMP ada jalur prestasi (KK luar Sleman 5 %) dan ada jalur luring (Apabila sekolah tujuan kuota peserta didik belum terpenuhi). Untuk KKM digunakan untuk jalur Afirmasi, dimana jalur afirmasi ini masuk dibagian dari zonasi.

        1. Jika untuk mendaftar jalur zonasi, itu belum memenuhi syarat karena KK Sleman belum setahun. Apabila KK sebelumnya beralamat Sleman dan itu hanya memperbarui KK saja maka bisa untuk mendaftar jalur zonasi.

          1. Kalau KK Sleman Sept 2019, sebelumnya KK Bantul nanti kalau nilai memenuhi, mau ndaftar jalur prestasi nanti masuk kategori Sleman (25 %) atau Luar Sleman (5 %)

          2. Terkait pertanyaan ttg luar Sleman dan Sleman utk KK pindahan dari Bantul ke Sleman per Sept 2019, jika mendaftar di Jalur Prestasi,, bukannya KK Sleman tidak dibatasi tahun utk jalur prestasi ya? Mohon penceraannya

          3. Untuk jalur prestasi KK sleman (25 %) dan KK luar sleman (5 %). Jika KK Sleman per sep 2019, maka belum ada setahun. Shingga bisa mengikuti yang KK luar Sleman 5 % tersebut.

  133. Mohon maaf min. Saya bkn penduduk sleman. Tp sya tinggal di sleman.apakah bisa anak saya masuk tk? Sedangkan umur anak saya sudah 4.5

    1. Berkaitan dengan PPDB tidak ada ketentuan menggunakan surat tidak mampu, jika mendaftar jalur afirmasi bisa menggunakan KKM (Kartu Keluarga Miskin).

  134. anak sy sekolah SD di jateng mendapatkan kejuaraan tingkat kabupaten di magelang, domisili di sleman mau daftar smpn di sleman. Untuk pengurusan penambahan nilai kejuaraan dimintakan ke Disdik sleman atau ke Disdik Magelang?

    1. Tambah nilai melalui jalur prestasi di disdik Sleman (KK Sleman 25 % dan KK luar Sleman 5 %), karena daftar di Sleman. Monggo hub nomor wa tim PPDB 085155155744 untuk menanyakan apakah masih bisa penambahan nilai untuk jalur prestasi, karena terakhir penambahan nilai hari ini melalui laman bit.ly/prestasi-sleman

  135. Mohon petunjuk min, terkait informasi sebaran nilai akhir (rapor + indek sekolah) SD di Kabupaten Sleman tahun ajaran 2019/2020. Kalau memang ada bisa minta link nya. Saya kira banyak yang membutuhkan informasi ini . matur nuwun

    1. Untuk Sleman menggunakan rata-rata nilai 4 tahun USBN sekolah dan nilai rata2 5 semester (4 ganjil – 6 ganjil). Untuk indeks digunakan kota.

      1. Onggih matur nuwun pencerahannya Mas /Mba Admin, kemudian saya juga ingin menanyakan apakah dalam proses pendaftaran jalur prestasi yang sesuai jadwal tanggal 17 Juni nanti hanya memilih 1 pilihan sekolah tujuan? dan jika nanti tidak lolos dalam penyaringan masih bisa untuk mengikuti jalur zonasi wilayah. Domilisi KK kami juga di Sleman.

        1. Bisa memilih 3 sekolah nggih. Bisa mengikuti jalur zonasi apabila masih KK Sleman apabila tidak lolos jalur prestasi.

  136. Selamat malam
    Pak, bagaimana cara aktivasi akun? Saya mau mendaftarkan anak saya di SMP Negeri di wilayah Sleman ( Berbah ). Terima kasih.

    1. Tidak ada aktivasi akun nggih, nanti tanggal 17 Juni Pendaftaran jenjang SMP baru dibuka dengan langsung mengakses laman sleman.siap-ppdb.com dengan username NISN@ppdb.go.id dan tanggal bulan tahun lahir calon peserta didik.

  137. Mohon petunjuk min, untuk jalur prestasi apabila nilai gabungan sudah melebihi persyaratan masih diperlukan data rata2 nilai USBN nya? Terimakasih.

    1. Perhitungan nilai gabungan didapatkan dari (nilai hasil belajar x 80 %) + (rata2 nilai USBN SD/MI x 20 %).

  138. Selamat Pagi
    Untuk PPDB SD tentang Pengajuan Pendaftaran disebutkan bahwa Pendaftar dapat mengubah pilihan sekolah tujuan sebelum diverifikasi oleh Panitia Sekolah apa ini maksudnya seperti ini : kami sudah memilih 2 SD tujuan tapi ternyata tidak masuk kuota karena pendaftar melebihi kuota kemudian kami mendaftar dan memilih lagi 2 sekolah yang lain sepanjang Panita Sekolah belum melakukan verifikasi ( tgl 15 – 17 Juni 2020 ).Mohon penjelasannya.Terima kasih.

  139. Maaf mau nanya,Sekolah anak saya dari SD Klaten Jawa tengah.Untuk format surat keterangan lulus dan format surat keterangan hasil belajar pihak sekolah SD anak saya otomatis mengikuti format dari dinas Jawa tengah.walaupun format tidak sama persis seperti yang di Sleman,tetapi pada intinya isinya sama yaitu nilai raport kelas 4 -6 semester 1. Dengan format dari Jawa tengah tersebut ,anak saya masih bisakah mendaftar SMP lewat jalur prestasi?terimakasih sebelumnya atas infonya.

  140. Mas Admin, saya coba akses ppdb.slemankab.go.id, lihat data kependudukan sudah sesuai. Tapi titik lokasi domisili di peta kok jatuh di laut gih?

  141. Untuk proses seleksi jalur prestasi pendaftar dari luar akankah dicampur dengan yang dari DIY, atau seleksinya akan dipisah tersendiri?

    1. Jalur prestasi dengan KK luar Sleman tidak dicampur nggih. Hanya saja kuota maksimal 5 %. Seleksi berdasarkan nilai prestasi yang didapatkan.

  142. apakah pendaftaran jalur prestasi masuk SMPN tgl 17 juni 2020 itu dimulai dini hari jam 00 atau jam kerja kantoran/07 pagi?

  143. untuk jalur prestasi 17 juni 2020 pendaftaran dimulai dinihari pukul 00 atau sesuai jam kerja pukul 7 pagi

  144. Selamat siang,
    Maaf hari ini pendaftaran online untuk jenjang SD,setelah daftar di sana ada tertera skor ,misal ada yg 2611ada yang 2427 nah itu di hasilkan dari mana ya?

  145. Mohon pencerahan:
    1.untuk pendaftaran SMP zonasi radius dimulai tgl 19-25 dan pengumuman tgl 27..sedangkan untuk zonasi wilayah tgl 24 mulai pendaftaran,apakah nanti ditanggal 24 bisa mendaftar dizona wilayah,karena di zona radius hanya memilih 1 sekolah,atau otomatis langsung masuk zonasi wilayah tetapi pilihannya hanya 1 sekolah karena pendaftaran pertama di zonasi radius untuk menambahkannya bagaimana?
    2.apakah memungkinkan disediakan simulasi pendaftaran secara utuh
    3.Untuk file yang diaploud ukurannya maksimal berapa nggih.maturnuwun

    1. 1. Menunggu pengumuman zonasi radius nggih. Apabila blm lolos bisa daftar kembali jalur lainnya dengan login ulang seperti awal pendaftaran jalur sebelumnya.
      2. Saat ini simulasi hanya diadakan untuk jenjang SD.
      3. Untuk ukuran tidak ada ketentuan, silahkan disesuaikan saja nggih. Apabila file teralalu besar, resolusi bisa diturunkan.

  146. Tanya admin, apakah untuk penerimaan siswa SD akan di utamakan yg pilihan 1 atau menurut skor. Misalnya jika ada siswa pilihan satunya tidak diterima apa otomatis diterima di sekolah pilihan 2 (dan menggeser calon siswa lain di sekolah pilihan 2 yang poinnya dibawahnya walaupun dia pilihan 1 di sekolah tersebut) . Terima kasih

  147. Assalamu’ Alaikum..mohon maaf mo tanya.., untuk pendaftaran online masuk SMP jalur prestasi dimulai tgl 17 Juni 2020, apakah secara sistem kita bisa mulai upload semua syarat itu setelah pukul 00.00, atau sistem dibuka mulai jam kerja ? Karena jam pendaftaran lebih awal sedikit bisa membantu di akhir seleksi bilamana ada kesamaan nilai, betul begitu..?Mohon informasinya njih, maturnuwun.

    1. Waalaikummussalam wr wb
      Prinsipnya pendaftaranya bisa dimulai jam 00:00. Namun untuk penilaiannya sesuai nilai (jalur prestasi).

  148. Untuk pendaftaran sma di sleman, kk yg digunakan wajib terbaru ttd scan barcode tidak min? Mohon pencerahannya

    1. 1) Kartu Keluarga,
      2) Surat Keterangan Lulus/Ijazah,
      3) Surat Keterangan Hasil Belajar,
      4) Surat Keterangan Rata-rata Nilai Ujian SD/MI (khusus bagi
      pendaftar yang berasal dari SD/MI luar DIY).
      5) Surat Keterangan Hasil Assessmen dari psikolog (khusus ABK)
      6) Kartu Keluarga Miskin Kabupaten Sleman Tahun 2020 (khusus jalur afirmasi)
      7) Surat Keputusan/Penugasan Orang Tua/Wali (khusus jalur pindah tugas)
      8) Surat Keterangan Penambahan Nilai Prestasi (bagi yang memiliki khusus jalur prestasi)
      9) akta kelahiran.

      untuk untuk semua jalur nggih. lebih lengkapnya silahkan buka juknis PPDB jenjang SMP.

  149. Selamat malam.. KK saya Sleman.. Jika saya ingin mendaftar dg SMPN Kota Jogja dg Jalur Prestasi Luar Kota (sudah aktifasi dan verifikasi akun) dan mendaftar di SMPN Sleman dg Jalur Zonasi Wilayah tetapi tanggal pendaftaran sama2 tgl 29 Juni – 1 Juli.. Apakah bisa sy mendaftar keduanya pak..

          1. apakah ada kemungkinan kursi pada jalur zonasi wilayah habis karena banyaknya pendaftar jalur radius ?

  150. Min, apakah bisa dibuatkan sebaran nilai gabungan sd per kelurahan?
    Kalau nggak salah tahun 2019 kemaren disediakan sebaran nilai usbn sd?

  151. Ijin bertanya, kalau siswa yang punya KK Sleman tapi kurang dari 1 tahun, tidak punya KK Miskin, nilainya dibawah 245, org tua nya wiraswasta sebaiknya bagaimana? karena anak tsb tdk bs mendaftar di SMPN kab. Sleman melalui jalur prestasi, radius, zonasi wilayah, ABK, afirmasi dan pindah tugas org tua. kalau mendaftar lewat jalur perbatasan jg belum pasti apakah ada kuota atau tidak.

    1. Jalur luring (apabila sekolah negeri belum terpenuhi jumlah peserta didik) atau mendaftar di swasta karena kebijakan sesuai sekolah masing2 (swasta). Untuk jalur perbatasan dibuka tanggal 24 Juni-30 Juni 2020 barengan dengan zonasi wilayah secara online, monggo bisa dicoba juga, karena tidak beradasrkan KK Sleman setahun.

      1. Ijin bertanya lg, pada Perubahan Atas Peraturan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Nomor 03 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Sleman Tahun Pelajaran 2020/2021 disebutkan bahwa “Calon peserta didik dari luar zona Kabupaten Sleman atau di wilayah perbatasan, dapat mendaftar melalui Jalur Zonasi Wilayah dan dapat diperhitungkan dalam proses seleksi PPDB SMP Negeri apabila daya tampung sekolah belum terpenuhi.” tapi mengapa yg siswa punya KK Sleman krg dr 1 tahun (tp sdh tgl di sleman selama bertahun2) justru tdk boleh mendafar lewat jalur Zonasi wilayah?

    1. mengunggah/upload file hasil foto (.jpg) dokumen persyaratan, yaitu:
      1) Kartu Keluarga,
      2) Surat Keterangan Lulus/Ijazah,
      3) Surat Keterangan Hasil Belajar,

  152. apakah setelah kita mendaftar jalur prestasi dan berhasil, apakah kita bisa melihat perkembangan status nilai dari anak saya? kalau bisa melalui laman apa nggih?
    matur suwun

  153. Admin..apakah NIK yang sudah dikirim oleh pihak sekolah ke Dinas Pendidikan bisa dikoreksi? Karena setelah saya cek NIK yang diinputkan salah. Apakah berpengaruh saat PPDB Online nanti? Apabila bisa, saya menginfokan NIK yang benar kemana? Anak saya akan mengikuti PPDB SMP. Terimakasih.

    1. Sudah diajukan perubahan? monggo kirim NIK di nomor admin ppdb 085155155744 nggih untuk dilakukan perubahan.

  154. 1. Di versi demo ppdb online ada kolom KK 1 th (diisi YA/Tidak) apakah maksudnya jika KK sudah lebih dari 1 th maka di jawab YA?
    2. Untuk Jalur Prestasi apakah pemilihan sekolah dilakukan sejak awal pendaftaran? Apakah pemilihan sekolah bisa diubah?

    1. 1. Iya
      2. Ketika pendaftaran langsung memilih sekolah tujuan. Selama belum diverifikasi sekolah tujuan, maka bisa dirubah.

  155. Admin mau tanya terkait dengan PPDB SMP jika siswa mengikuti PPDB jalur prestasi tidak lolos apakah masih bisa daftar jalur lainnya …. terimkasih

    1. Jika KK Sleman, bisa mengikuti jalur Zonasi baik radius dan zonasi wilayah. Jika ada KKM (KK Miskin) bisa jalur afirmasi.

  156. Selamat pagi.. Mohon maaf, saya mau bertanya. Apabila ada siswa yang KKnya berasal dari luar Sleman, kemudian akan mendaftar SMP di Sleman melalu jalur prestasi pada saat pengisian formulir pendaftaran online alamatnya diisikan sesuai KK atau bisa diisikan dengan alamat domisili? Hal tersebut berpengaruh atau tidak ketika verifikasi data nantinya? Maturnuwun.

      1. Maturnuwun informasinya.. Tetapi kalau semisal sudah terlanjur mengisikan alamat domisili apakah tidak apa-apa? Karena sudah mruput mendaftar sejak jam dua tadi malam.. Apakah alamat tersebut dapat membatalkan penerimaan siswa?

          1. Pada waktu itu sudah mencoba akan mendaftar ulang, namung pada laman tersebut ada tulisan bahwa siswa ybs telah melakukan pendaftaran.. Apakah kalau sudah muncul keterangan seperti itu masih bisa mendaftar ulang?

          2. Selama belum diverifikasi sekolah tujuan bisa. Namun jika muncul hal tersebut, maka sudah diverifikasi oleh sekolah.

  157. mohon info PPDB untuk jalur prestasi pilihan LUAR KABUPATEN di menu isian nilai hanya ada isian nilai hasil belajar 3 mata pelajaran
    setelah pilih 3 sekolah muncul peringatan Nilai Akhir kurang dari 245
    apakah isian nilai hanya 3 mata pelajaran padahal waktu demo ada kolom isian USBN 4 tahun, terimakasih

    1. Untuk jalur prestasi menggunakan nilai gabungan.
      perhitungan nilai gabungan:
      = (nilai hasil belajar x 80%)* + (rata nilai USBN SD/MI x 20%)
      Jadi kolom nilai USBN 4 tahun terakhir seharusnya ada bu, karena nanti akan dihitung oleh sistem hasilnya.

      1. tapi di form isian nilai kolom untuk input nilai USBN 4 tahun terakhir tidak ada sehingga kami tidak bisa memasukkan nilai USBN 4 tahun terakhir

  158. ijin bertanya pak admin….saya sudah sejak lahir tinggal di sleman dan punya kk sleman…akan tetapi baru2 ini kk sleman saya perbaharui…sehingga tanggal di kk saya tahun 2020….apakah anak saya tidak bisa ikut jalur zonasi ppdb sleman smp…

  159. Selamat Pagi
    Kami sudah mendaftar Jalur Prestasi dan sudah berhasil dengan mencetak bukti pendaftaran.Mohon infonya bagaimana cara untuk memantau pergerakan/posisi pendaftar.Karena setelah mendaftar kemudian kita mencoba dengan klik memantau hasil pendaftaran belum bisa.Terima kasih.

  160. Selamat siang,
    Hari ini kami sdh mendaftar smp jalur prestasi dan kami hendak edit data nilai tapi tidak bisa. Bagaimana solusinya ya apakah harus daftar lagi dari awal? Terima kasih

  161. Apakah kami bs memantau nilai-nilai calon pendaftar di SMP yang dituju secara RTO?
    Karena semua link tertutup dan baru bs diakses tgl 22 Juni

    1. Tidak bisa, ditunggu saja nggih. tanggal 22 Juni ada pengumuman peringkingan sementara, tanggal 14 pengumuman.

  162. Untuk pendaftaran Jalur prestasi apakah kalau sudah mencetak *Tanda Bukti Pengajuan Pendaftaran* berarti langkah pendaftaran sudah selesai? Tanda Bukti sudah kami cetak dan kami simpan… Tapi tadi ada tombol TUTUP yang belum kami KLIK, saya coba buka tombol Data Pendaftar tapi saat kembali ke halaman semula tombol TUTUP sudah hilang. Apa saya perlu mengulang pendaftaran lagi? Mohon petunjuknya. Terimakasih

  163. Selamat malam, mohon maaf kami hendak bertanya. kami hendak mendaftar SMP dari sekolah MI. Setelah kami menyelesaikan pendaftaran akun, muncul tulisan “Data ini sudah ada silahkan koordinasi dengan sekolah tujuan atau sekolah pembuat registrasi akun. Kemudian kami coba login tidak bisa

  164. Masih ada 2 versi informasi terkait boleh tidaknya ganti pilihan sekolah untuk jalur pendaftaran:
    1. Ganti pilihan sekolah TERMASUK dalam ketentuan perbaikan data yg bisa dilakukan selama pendaftaran belum diverifikasi. Caranya adalah dengan mengulangi proses pendaftaran dari awal.
    2. Ganti pilihan sekolah TIDAK termasuk perbaikan data, sehingga begitu sudah terdaftar tidak ada lagi kesempatan untuk ganti pilihan sekolah.
    Mohon konfirmasi Mas Admin yang benar yang mana? Terima kasih.

  165. Selamat Pagi
    Anak kami lolos PPDB di SDN Godean 1 berdasarkan peringkat yang ada ( 15 dari kuota 43 anak ) Untuk lapor diri/daftar ulang disebutkan tgl 18-20 Juni 2020 pukul 09.00-13.00 apakah berarti pada hari ini kami bisa lapor diri/daftar ulang langsung ke sekolah tujuan atau bagaimana.Mohon informasinya.Matur Nuwun.

  166. permisi mau bertanya, kalau mendaftar lewat jalur afirmasi trus sekiranya sudah kelempar, apakah bisa dicabut trus pindah lewat jalur zonasi? Terimakasih

    1. Selama KK masih Sleman min 1 tahun, maka bisa daftar kembali melalui jalur zonasi wilayah. Tidak perlu menyabut pendaftaran apabila tidak lolos jalur afirmsi.

  167. Admin..bagaimana caranya kita tahu posisi rangking dalam pendaftaran? Katanya verifikasi untuk zonasi radius dimajukan tgl 22 apakah benar admin?

    1. Selamat pagi.. Rangking terlihat ketika sudah diverifikasi, dan jadwal verifikasi zonasi radius tanggal 25 Juni-26 Juni

  168. Jika ada kesalahan penulisan salahsatu huruf pada saat memasukan data orangtua (bapak), apakah berpengaruh diterimanya siswa atau tidak ?

    1. Tidak masalah dan tidak mempengaruhi diterimanya siswa. Silahkan data direvisi saat daftar ulang di sekolah yang dituju

  169. Mohon info, jika mendaftar 2 sekolah, dan masing-masing lolos, apakah perlu adanya pencabutan dokumen?
    Kalau iya, pencabutan dapat dilakukan via online atau hrs dtg langsung?

  170. Assalamualaikum
    Bagaimana jika data pendaftar ternyata tidak lolos verifikasi? Apakah pendaftar ybs dihubungi panitia utk klarifikasi terlebih dahulu, sehingga bisa tau kekurangannya di mana? Dan jika salah upload file masih bisa diperbaiki selama waktu masih tersedia..begitu..maturnuwun.

    1. Pendaftaran bisa dilakukan proses perbaikan selama waktu pendaftaran. MIisalnya sudah daftar ada yang salah (jenjang SMP) baik salah upload, maka bisa melakukan pendaftaran dari awal lagi untuk perbaikan. Karena data yang dianggap benar yang terakhir.

  171. Mau nanya jika saya daftar yang sleman jalur prestasi (karena KK kota jogja) dan juga daftar yang Jogja jalur zona mutu. Ternyata hasilnya di sleman dinyatakan diterima dan saya melakukan lapor diri. Karena yang jogja pengumumannya akhir tgl 2 juli dan ternyata juga diterima, pertanyaannya apakah boleh saya membatalkan yang sleman meskipun sudah lapor diri?

  172. Mohon maaf saya mau bertanya, apabila ketika mengisikan formulir pendaftaran jalur prestasi terdapat kesalahan dalam penulisan alamat yang tidak sesuai KK, sedangkan sebenarnya anak tersebut KKnya dari luar Sleman tetapi karena salah paham malah diisi alamat domisili apakah hal tersebut dapat mempengaruhi penerimaan siswa tersebut di Sekolah tujuan? Terima kasih

      1. Meskipun data anak sudah muncul di hasil pantauan seleksi sekolah tujuan pertama apakah tidak apa-apa jika mendaftar dari awal lagi?

        1. Berarti itu sudah diverifikasi, maka tidak bisa daftar kembali dari awal. Daftar kembali dari awal bisa dilakukan selama belum diverifikasi oleh sekolah.

  173. Selamat malam, mau tanya untuk kuota zonasi wilayah itu gabungan dengan Radius njih? Apakah selain jarak, tidak ada pembatasan jumlah kuota yang dapat di terima ? Apakah berarti kuota zona wilayah ahkirnya harus menunggu Sisa dari zona Radius? Kalau tidak ada sisa kuota terus bagaimana?

    1. Jalur zonasi dilaksanakan dengan kuota paling sedikit 50% (lima puluh persen) dari daya tampung sekolah termasuk di dalamnya untuk anak
      penyandang disabilitas atau Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan kuota paling banyak 3% dari kuota jalur zonasi.
      Jalur zonasi terbagi menjadi 3 (tiga):
      1. Zonasi Radius,
      2. Zonasi Wilayah, dan
      3. Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).
      Untuk zonasi radius dengan zonasi wilayah berbeda. Untuk zonasi radius 300 m (padat penduduk) dan 600 m (tidak padat penduduk). Sedangkan zonasi wilayah diluar 300 m atau 600 m tersebut. Sehingga, untuk zona wilayah menunggu pengumuman dari zona radius dl nggih.

      1. Jadi misalnya kuota zonasi 63 yang daftar zonasi radius 53 berarti untuk kuota wilayah tinggal ada 10 ya? Terutama untuk daerah2 penduduk padat yang mungkin terjadi.

  174. Pak mau tanya, anak teman saya mendaftar jenjang smp jalur prestasi,kk sleman status ditolak karena saat diverifikasi kartu keluarga belum ditandatangani kepala keluarga/ayahnya. disuruh daftar kembali jika sdh ditandatangani kepala keluarga. Padahal kepala keluarga/ayahnya belum lama ini meninggal. solusinya bagaimana ya?jika perbaharui kk butuh waktu lama sedangkan buat pendaftaran urgent. Mohon informasinya.

      1. saya sudah cetak pendaftaran onlinenya dan sudah saya print tapi ketika dicari di data pendaftar smp yang dituju data tidak ada

  175. Selamat Malam
    Untuk pendaftaran Jalur Prestasi tgl 17-22 Juni ini artinya pada tgl 22 Juni pukul 00.00 WIB posisi sudah tidak lagi bergeser atau sudah pasti diterima bagi yang masuk daftar yang ada.Mohon penjelasannya.Terima kasih.

  176. Selamat malam,
    Kami sudah mendaftarkan di jalur radius. Bagaimana cara memperbaiki pendaftaran? Kami coba daftar kembali tetapi tidak berhasil. Terimakasih.

    1. Selama belum diverifikasi sekolah tujuan bisa daftar kembali dari awal apabila ada suatu kesalahan. Namun, jika tidak bisa rubah dengan daftar kembali dari awal kemungkinan sudah idverifikasi sekolah tujuan.

  177. Dear admin,
    Saya memiliki KK kota Yogyakarta dan merupakan lulusan dari SD di Sleman,,
    Selain jalur prestasi, jalur apalagi yang dapat saya gunakan untuk mendaftar SMP di Sleman ?
    Terimakasih

    1. Jalur pindah tugas (apabila orangtua pindah tugas di Sleman) dan jalur luring (29 Juni 2020-4 Juli 2020) selama masih ada kuota di sekolah tujuan.

  178. Selamat Malam
    Untuk pendaftaran Jalur Prestasi tgl 17-22 Juni ini artinya pada tgl 22 Juni pukul 2400 WIB posisi sudah tidak lagi bergeser atau sudah pasti diterima bagi yang masuk daftar yang ada.Mohon penjelasannya.Terima kasih.

    1. Bisa saja begitu, tetapi bisa saja sekolah tujuan kuota terpenuhi karen sesuai jumlah nilai calon peserta didik.

  179. Selamat siang bapak,
    ijin bertanya njih…. semisal calon anak didik mendaftar 3 pilihan sekolah SMP dengan jalur prestasi, kemudian calon anak didik tersebut ternyata diterima/masuk di pilihan ketiga. pertanyaannya, jika tidak melakukan daftar ulang (di sekolah pilihan ketiga jalur prestasi tersebut) apakah bisa mencoba lagi mendaftar di jalur zonasi wilayah?
    Jika bisa, apakah harus melakukan pencabutan/pembatalan terlebih dahulu ke sekolah pilihan ketiga?
    Matur suwun…

    1. Untuk hal tersebut, jika diterima dipilihan ke 3 silahkan koordinasi dengan sekolah tujuan. Jika status sudah dibatalkan oleh sekolah tujuan, bisa daftar jalur lainnya. KArena apbila diterima di sekolah maa tidak bisa daftar di sekolah lainnya dengan jalur yang berbeda.

  180. mohon informasinya dihalaman https://sleman.siap-ppdb.com kami sudah bisa melihat hasil seleksi, tapi data nama anak saya yang sy cari tidak ada di daftar tersebut , padahal kalau dilihat dari nilai gabungannya 255.63 harusnya tercantum karena ada nilai calon siswa yang lain di bawah nilai gabungan tersebut malah tercantum dan masuk di SMP N 3 Godean. Mohon informasinya.

  181. Apabila yg diterima di jalur pindah tugas atau abk lebih sedijit dari jatah kuota yg ada, apakah sisa kuota dari jalur² tersebut bisa menambah kuota jalur zonasi wilayah ?

  182. Apabila pada waktu awal pendaftaran sudah terlanjur memilih jalur zonasi, padahal memiliki sertifikat kejuaraan tapi tidak digunakan, kemudian tidak diterima karena zona 2 terpenuhi, apakah bisa memanfaatkan srtifikat untuk jalur prestasi pada sekolah yg sama?

    1. Jalur prestasi sudah ditutup kemarin nggih (22 Juni 2020). Silahkan daftar melalui jalur yang sama dengan sekolah yang berbeda selama waktu pendaftaran masih ada, atau jalur lainnya selama masih waktu pendaftaran.

    1. laman sleman-saip.ppdb.com , untuk zonasi radius 19-25 Juni jam 00:01 dan zonasi wilayah 24-30 Juni 2020 jam 00:01.

  183. Pak maaf mau nanya jika daftar zonasi wilayah tidak diterima di pilihan 1 apakah nanti langsung otomatis terlempar di pilihan 2 atau 3?Terus hasil seleksi berdasarkan nilai atau pilihan pertama ,maksudnya jika anak saya terlempar di pilihan 2 nilainya lebih tinggi dengan si A yg merupakan pilihan pertama di sekolah itu ,mana yg lebih diterima pak?

  184. Maaf bertanya, kami telah mendaftar di jalur zonasi wilayah dan sudah mendapatkan tanda bukti pengajuan pendaftaran. Namun untuk nilai tidak bisa diinput,karena disistem memang tidak bisa diisi manual. Yang masuk hanya nilai usbn 4 tahun (itupun sudah otomatis).Sehingga nilai gabungan hanya nilai usbn. Bagaimana ya, memang seperti itu?

    1. Ditunggu dulu nggih, klebih lanjutami coba tanyakan dahulu. Silahkan hubungi nomor pasko PPDB 085155155744 untuk informasi selanjutnya.

  185. Assalamu’alaikum..maaf mo menanyakan untuk jalur zona wilayah, dalam lampiran V PERATURAN KEPALA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SLEMAN
    Nomor : 03 Tahun 2020 Tanggal : 4 Mei 2020
    DAFTAR ZONASI WILAYAH ADMINISTRASI DESA SMP NEGERI PADA PPDB TAHUN PELAJARAN 2020/2021 tercantum zonasi wilayah administrasi desa untuk SMPN 3 Godean tercantum salah satunya Sumbersari Moyudan, dan Sumberagung Moyudan masuk dalam Zona, tapi pas pendaftaran pilihan 1 SMPN 3 Godean keterangan Luar Zona, mohon penjelasannya, apakah memang sudah ada perubahan atau gimana? terimakasih, Wassalamu’ alaikum..

  186. Maaf min mau tanya. Untuk zonasi wilayah smp apakah benar benar diurutkan sesuai jarak atau nilai gabungan siswa juga berpengaruh? Mohon penjelasannya terimakasih

      1. Zonasi wilayah ini nanti perangkingan nya spt apa? Apakah seperti zonasi radius dengan menampilkan jarak rumah ke sekolah(dalam m) atau seperti prestasi yang menggunalan nilai gabungan?

          1. Ini bisa cek berkala perangkingan tidak ya? Kalau bisa cek dimana, saya cari cari tidak ketemu.

            Sama untuk verifikasi apakah kita hanya menunggu saja sampai terverifikasi atau harus datang ke skolah yg bersangkutan agar bisa diverifikasi?

          2. Silahkan, di laman PPDB. Verifikasi dilakukan oleh sekolah tujuan, nanti juga bisa dilihat verifikasinya disistem.

  187. Admin, ini mohom pencerahan:
    jika hari ini sudah daftar dan sudah cetak tanda bukti pendaftaran melalui jalur Zanasi Wilayah tetapi baru memilih 1 sekolah, kalau mau menambah sekolah pilihan ke 2 dan ke 3 bisa tidak, bagaimana caranya.
    Terima kasih.

  188. Admin, ini mohom pencerahan:
    jika hari ini sudah daftar dan sudah cetak tanda bukti pendaftaran melalui jalur Zanasi Wilayah tetapi baru memilih 1 sekolah, kalau mau menambah sekolah pilihan ke 2 dan ke 3 bisa tidak, bagaimana caranya.
    Terima kasih.

    1. Sudah bisa nggih, sistem sudah diperbaiki. Silahkan melakukan pendaftaran dari awal untuk memilih sekolah pilihan 1,2, dan 3. Jangan lupa cek benar2 data yang diupload. Jangan lupa cetak bukti pendaftaran.

  189. Pada pendaftaran SMP, Jika sudah mendaftar online sampai selesai, kemudian ingin merubah pilihan SMP karen ada kesalahan pilihan, langkahnya bagaimana? Terima kasih.