Username Lulusan TK Dibagikan Hari Ini Secara Serentak

Sleman – Hari ini, Kamis (20/06), username & password siswa TK se-Kabupaten Sleman mulai dibagikan kepada orangtua/wali melalui TK masing-masing. Username ini berfungsi sebagai akun resmi pendaftaran online Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada SD Negeri di Kabupaten Sleman dan dapat digunakan mulai esok hari. Kemudian username uji coba yang telah beredar sebelumnya akan di nonaktifkan.

Orangtua/wali dapat melakukan pendaftaran online pada laman https://ppdb.slemankab.go.id menggunakan username tersebut sampai dengan tanggal 25 Juni 2019. Setelah berhasil melakukan login maka dapat memilih 2 SD Negeri yang diminati tanpa menginputkan data pribadi anak karena aplikasi PPDB ini telah terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Apabila menemukan data alamat padukuhan/ desa/ kecamatan yang masih salah maka dapat meminta operator TK untuk melakukan edit data pada aplikasi ini dengan menggunakan akun selaku Operator Sekolah Asal.

Perlu orang tua/wali pahami bahwa meskipun akun pendaftaran PPDB ini dapat digunakan mulai hari Jumat esok, namun orangtua/wali tidak perlu tergesa-gesa atau terburu-buru melakukan pendafaran online karena waktu pendaftaran online tidak menjadi unsur seleksi PPDB.

Setelah melakukan pendaftaran online, orang tua/wali harus mencetak Bukti Pendaftaran. Kemudian setelah ditandatangani, wajib diserahkan ke salah satu SD Negeri pilihan antara tanggal 24 s.d. 26 Juni 2019 atau hari Senin sampai Rabu mendatang dengan membawa Akta Kelahiran dan fotokopinya, serta Fotokopi Kartu Keluarga dengan menunjukkan aslinya.

Kemudian, berkas tersebut akan diverifikasi oleh panitia PPDB di sekolah. Apabila berkas diterima dengan lengkap, maka operator dapat mencetak Tanda Bukti Verifikasi PPDB Online. Dengan adanya Bukti Verifikasi tersebut maka seorang anak dikatakan sah sebagai pendaftar PPDB online di Kabupaten Sleman.

Setelah itu orang tua/wali tinggal memantau proses seleksi PPDB dengan cara login ulang pada aplikasi yang sama.

Bagi orang tua/wali yang ingin meminta bantuan Operator untuk mendaftarkan, bisa mengisi terlebih dahulu formulir yang disediakan oleh sekolah dengan format sebagai berikut:

Contoh Formulir PPDB SD