Menteri Pendidikan Victoria Kunjungi SMP N 2 Sleman

Sleman-SMP Negeri 2 Sleman menerima kunjungan dari Menteri Pendidikan Victoria, Australia (Deputy Premier of Victoria Minister for Education) pada Jumat (20/09). Rombongan terdiri dari 6 orang yang dipimpin oleh Menteri Pendidikan The Hon James Merlino MP.

Hadir pula Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Dra. Sri Wantini, M.Pd., dan founding fathers Gerakan Sekolah Menyenangkan, Dr. Muhammad Nur Rizal dan Dr. Novi Poespita Candra dalam kunjungan tersebut. Sambutan hangat dan bahagia disampaikan oleh Menteri Pendidikan Victoria, Australia setelah melihat berbagai ekstrakurikuler dan tampilan kelas yang dipenuhi dengan kreativitas siswa.

Kunjungan dilaksanakan untuk melaksanakan observasi dan menggali informasi tentang Gerakan Sekolah Menyenangkan (Joyful Learning Movement) yang telah berpengaruh pada pembelajaran dan pengajaran di SMP Negeri 2 Sleman. Hal tersebut mendukung proyek perubahan pendidikan di Kabupaten Sleman yang digagas oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. “Bapak Sekda mendukung sepenuhnya GSM termasuk dukungan untuk bisa dijadikan role model pendidikan tidak hanya di Sleman tetapi di Indonesia”, tutur Sri Wantini. Disampaikan pula bahwa dalam waktu dekat akan diupayakan penerbitan Peraturan Bupati Sleman tentang Gerakan Sekolah Menyenangkan.

“Menyenangkan tidak hanya pembelajaran, tetapi paradigma pendidikan harus menyenangkan”, tutur Muhammad Nur Rizal. Gerakan Sekolah Menyenangkan telah dikenalkan kepada Kepala Sekolah di Kabupaten Sleman pada Bulan Desember 2018 dalam kegiatan workshop. Kegiatan ini ditindaklanjuti dengan cepat oleh Kepala SMP Negeri 2 Sleman sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMP Negeri 2 Sleman. Setelah beberapa bulan terlaksana, terdapat beberapa perubahan yang mengarah pada peningkatan kualitas pendidikan siswa. Hal tersebut yang menyebabkan beberapa sekolah bahkan pemerintah daerah berkunjung ke sekolah ini untuk mengetahui dampak implementasi Gerakan Sekolah Menyenangkan. (Fit)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *