Pembinaan Dokter Kecil Jenjang SD Tahun 2020

Sleman-

Sleman- Usia sekolah merupakan usia yang paling optimal dan paling penting dalam pembetukan perilaku seorang anak. Sebagai generasi penerus bangsa, penting untuk dilakukan pembinaan terutama dalam hal kesehatan, dimana semakin dini usia akan semakin tertanam dalam diri anak tersebut perilaku yang baik yang dapat dilaksanakan dalam kehidupannya. Sekolah Dasar adalah sasaran yang paling strategis untuk dilakukan intervensi.

Cara intervensi yang digalakan oleh Dinas pendidikan Kabupaten Sleman salah satunya adalah pembentukan dokter kecil. Ini adalah salah satu bagian dari program Usaha Kesehatan Sekolah ( UKS ). Salah satu pendekatan dalam program UKS ini adalah melibatkan partisipasi peserta didik sebagai penggerak perilaku hidup bersih dan sehat ( PHBS ). Permasalahan pada tingkat Sekolah Dasar sebagian besar terletak pada rendahnya pengetahuan mengenai bagaimana perilaku hidup bersih sehat.

Dengan terbentuknya doker kecil di sekolah dasar, diharapkan dapat memberi contoh yang baik bagi siswa-siswa lain untuk dapat berperilaku hidup bersih dan sehat sehari-hari. Selain itu diharapkan dengan adanya pembinaan dokter kecil di tingkat Sekolah Dasar dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku terhadap kebersihan dan kesehatan, dan juga bagi peserta didik yang tergabung dalam dokter kecil dapat menjadi panutan bagi peserta didik lain dalam intervensi kesehatan di sekolah dasar, sehingga pengetahuan dan ilmu yang didapat, dapat disebarkan dan diamalkan oleh sekolah.

Tujuan diselenggarakannya Kegiatan Pembinaan Dokter kecil adalah untuk
meningkatkan kemampuan perilaku bersih dan sehat, dan derajat kesehatan peserta didik serta menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal, memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan untuk melaksanakan pertumbuhan prinsip hidup bersih dan sehat serta berpartisipasi aktif didalam usaha peningkatan kesehatan di sekolah, meningkatkan kesehatan fisik, mental dan sosial bagi peserta didik dan membentuk tim dokter kecil yang mandiri dan mampu menjadi ujung tombak intertervensi kesehatan di sekolah.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang Pembina SD Dra Tuarini, M.PD yang diikuti oleh Tim Dokter Kecil dari 17 UPT pelayanan pendidikan se- kabupaten Sleman, masing-masing UPT 5 siswa dan17 Pendamping dari 17 puskesmas se Kab. Sleman. Acara ini menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup dan PMI Kabupaten Sleman yang bertempat di Hotel Serela Jl. Magelang Km 4 Yogyakarta.

Bagikan ke sosial media

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *